Bahas Tantangan dan Isu-Isu Besar di 2024, Rakernas XVI APEKSI 2023 Bakal Hadirkan Prabowo, Ganjar hingga Anies

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023 kian dekat. Kegiatan ini akan digelar di Kota Makassar yang berlangsung selama lima hari mulai tanggal 10 Juli hingga 14 Juli 2023 mendatang.

Sebagai tuan rumah, Pemerintah Kota Makassar terus mematangkan persiapan Rakernas XVI APEKSI 2023. Pada Rakernas ini akan ada beberapa agenda pelaksanaan.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengusulkan adanya agenda afternoon tea/coffee di atas Kapal Pinisi bersama para wali kota peserta APEKSI XVI, selain agenda yang sudah ditetapkan sebelumnya. Di antaranya, ada 11 rangkaian kegiatan yakni Youth City Changer, Gala Dinner, Pleno dan Panel, Indonesia City Expo dan Karnaval Seni Budaya.

Lanjut, City Tour di Lorong Wisata, Benteng Fort Rotterdam, Ladies Program, Fun Sport, Penanaman Pohon dan Makassar Investment Forum.

"Saya mengusulkan agar sebelum rapat pleno kita, ada rapat pra-pleno di atas Kapal Pinisi sambil menikmati minum kopi/teh. Kita dapat menyelesaikan isu-isu yang akan dibahas dalam pleno besok hari," terang Danny Pomanto sapaan akrabnya, Jumat (30/6).

Tak hanya itu, pada Rakernas XVI APEKSI 2023 akan membahas isu-isu besar yang akan dihadapi oleh Calon Presiden (capres) yang terpilih nanti di tahun 2024. Sehingga, rencananya pada Rakernas ini akan menghadirkan tiga kandidat bakal calon presiden yang akan maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yakni  Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

"Bakal calon presiden yang sudah resmi hadir di antaranya Ganjar Pranowo, namun kita berharap ada kepastian dari kandidat lainnya," kata Ketua Umum APEKSI, Bima Arya beberapa waktu yang lalu.

Bima Arya menjelaskan bahwa Rakernas APEKSI XVI memberikan kesempatan kepada para bakal capres untuk menyampaikan gagasannya. "Nanti akan diatur secara teknis, namun mereka tidak akan muncul dalam satu panel dan tidak ada sesi debat," ujar Bima Arya.

Selain bakal capres, Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan akan hadir dan membuka Rakernas APEKSI XVI pada acara Pembukaan tanggal 12 Juli 2023 mendatang. (Sas/A)

  • Bagikan