Diskominfo Makassar Bakal Siapkan 6 Ribu STB, Dibagikan ke RT/RW

  • Bagikan
Ilustrasi. STB Gratis Siap Dibagikan ke RT/RW di Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar berencana akan melakukan penambahan Set Top Box (STB) sebanyak 6 ribu item. Itu, untuk dibagikan ke RT/RW se-Kota Makassar.

"Kami mau berikan ke RT/RW. Sekarang ini kami sedang membicarakannya bagaimana pengadaannya," ujar Plt Kepala Diskominfo Makassar, Ismawaty Nur, Jumat (30/6).

Untuk pengadaan STB TV digital ditingkat RT RW tersebut, kata Ismawaty, pihaknya sedang mencari opsi terbaik untuk mengalokasikan anggaran. Apakah akan melalui APBD Perubahan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Itu dilakukan agar dalam anggaran yang diserap tidak ada kekeliruan.

"Kami harus berhati-hati. Karena kan kami juga takut, kan diserapan jangan jangan salah," ucapnya.

Diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi menyetop televisi (TV) analog di Sulawesi Selatan (Sulsel) wilayah satu (1). Penghentian TV analog atau analog switch off (ASO) dilakukan untuk beralih ke TV digital.

Seluruh TV analog mulai dihentikan per 20 Juni 2023 pukul 00.00 Wita. ASO di wilayah 1 itu meliputi Makassar, Maros, Pangkep, Takalar dan Gowa.

Ismawaty Nur mengatakan distribusi set top box (STB) TV digital gratis telah terdisribusi sebesar 90 persen di Kota Makassar. Distribusi STB TV digital berasal dari Kementerian Kominfo RI yang peruntukkannya untuk masyarakat kurang mampu.

"Progresnya kami bagus, sekitar sebulan atau dua bulan lalu, Makassar itu tinggi capaian distribusi sudah hampir 90 persen," ujarnya. (Sasa/B)

  • Bagikan