Sikapi Kekalahan PSM, Erna Rasyid Taufan: Pertandingan Pasti Ada Kalah dan Menang untuk Menguji Keimanan

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL-  Pertandingan antara PSM Makassar vs Dewa United berakhir dengan skor 1 - 2 di pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024 yang digelar di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu, 8 Juli 2023.

Dalam pertandingan tersebut, Dewa bangkit saat PSM unggul lebih dulu lewat Kenzo Nambu. Dewa United berbalik menang melalui Dimitrios Kolovos dan Alex Martins Ferreira. PSM menuntaskan laga ini minus satu pemain.

Dari situasi bola mati di menit ke-11, Akbar Tanjung memberi umpan ke Kenzo Nambu. Tapi hasil sundulannya masih membuat bola tepat ke arah pelukan Sonny Marciano.

Di menit ke-19, gol akhirnya lahir menyusul kemelut di area pertahanan Dewa United usai kiriman bola dari Wiljan Pluim. Ada tandukan Kenzo Nambu yang membuat PSM memimpin 1 - 0 atas Dewa United.

Dalam keadaan tertinggal, Dewa United mencoba merespons. Tapi PSM juga beberapa kali mencuri kesempatan untuk menambah gol termasuk lewat sepakan keras Yance Sayuri yang masih bisa ditepis kiper Sonny Marciano. Skor 1 - 0 untuk keunggulan tuan rumah PSM bertahan sampai dibunyikannya peluit berakhirnya 45 menit pertama.

Di awal babak kedua, sejumlah pergantian pemain dilakukan kedua kubu. Di PSM ada Yakob Sayuri yang menggantikan Victor Dethan sedangkan di Dewa United, Theo Numberi digantikan Ricky Kambuaya.

Baru tiga menit babak kedua berjalan, Dewa United berhasil bikin gol balasan. Umpan Ady Setiawan dilanjutkan Dimitrios Kolovos dengan sundulan untuk mengubah skor menjadi kembali imbang, 1-1.

Sepanjang babak kedua, PSM dan Dewa United terus saling jual beli-serangan dalam usaha menambah gol. Tensi pertandingan pun meninggi menjelang menit-menit akhir, dengan Kolovos-nya Dewa United mendapat kartu kuning. Bahkan tak lama berselang ada Erwin Gutawa yang dikartu merah, membuat PSM main minus satu pemain.

Di injury time, Dewa United sukses menambah gol. Nasir melepas umpan silang dari kiri, untuk disambut Alex Martins Ferreira dengan sundulan. Secara dramatis Tangsel Warriors menang 2 - 1 usai ketinggalan lebih dulu dari Juku Eja.

Berakhirnya laga di pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024, Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan ikut menyaksikan laga itu dari awal hingga akhir pertandingan, menyikapi. Menurutnya, setiap pertandingan pasti ada kalah dan ada yang menang untuk menguji keimanan.

"Pertandingan PSM 1 dan Dewa United 2, Dalam pertandingan pastinya sudah ada yang menang dan ada yang kalah, begitulah pertandingan, Allah berjanji bahwa kalian semua akan dibergilirkan antara menang dan kalah, untuk apa?, untuk menguji keimanan kita semua", pesan Dai’ah yang hadir bersama sang suami, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe sembari mengutip ayat 140 Surah Al Imran.

"Surah Al Imran ini bisa dijadikan rujukan untuk mengamankan situasi hati dan pikiran apabila mengalami kekalahan atau kemenangan. Ibaratkan pertandingan bola ini adalah perang maka surah Al Imran ayat 140 ini bisa dijadikan sandaran apabila kalah bersabar dan apabila menang bersyukur," kata Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Sulsel ini. (*)

  • Bagikan