Kota Makassar Siap Sambut Rakernas APEKSI 2023, 90 Kota Terkonfirmasi Hadir

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdan Pomanto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023 siap digelar di Kota Makassar.

Rakernas ini mengusung tema "Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat yang akan berlangsung selama lima hari mulai pada 10-14 Juli 2023.

Sebagai tuan rumah, Pemerintah Kota Makassar telah menyatakan kesiapannya menyambut para tamu yang hadir pada Rakernas APEKSI 2023 ini.

Kepala Bagian Kerjasama Kota Makassar, Andi Zulfitra Dianta mengatakan saat ini sudah terkonfirmasi 90 kota beserta perwakilan, terkonfirmasi hadir pada rakernas akbar ini.

"Persiapan teknis Alhamdulillah lancar semua, 99 persen sudah siap menerima tamu dan melaksanakan rakernas, Alhamdulillah," ujar Zulfitra, Senin (10/7).

Rakernas APEKSI 2023 ini akan menjadi ajang pertemuan para wali kota se Indoneia untuk mengkonsolidasikan kekuatan dan mengatasi tantangan pembangunan di pemerintah kota kedepannya.

Salah satu isu utama yang akan dibahas dalam Rakernas APEKSI XVI yakni peningkatan daya saing kota-kota di Indonesia.

Para wali kota akan mendiskusikan upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi berbagai tantangan mulai dari kepemudaan, meningkatkan daya saing kota, melestarikan budaya, menjaga lingkungan hidup, serta memperluas peluang investasi.

Selain Wali Kota se Indonesia, pada Rakernas XVI APEKSI 2023 ini akan dihadiri beberapa tokoh nasional di antaranya yakni Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto pada tanggal 13 Juli. Sedangkan, Bakal Capres dari Partai Nasdem Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih menunggu konfirmasi kehadiran.

Rencananya, pada Rakernas APEKSI 2023 terdapat rangkaian acara yang menghadirikan ketiga tokoh Bacalon Presiden yang akan maju di Pilkada 2024 untuk membahas isu-isu yang akan dihadapi kedepannya.

"Sampai kemarin, itu pak Prabowo dijadwalkan hadir pada tanggal 13 Juli sesuai dengan waktu beliau yang tersedia. Untuk Anies Baswedan dan Ganjar kami masih terus melakukan komunikasi mereka bisanya ditanggal berapa," terang Zulfitra.

Tak hanya itu, Presiden RI Joko Widodo yang dijadwalkan akan hadir untuk membuka Rakernas APEKSI 2023 ini masih menunggu konfirmasi kehadiran. "Kami masih menunggu terus konfirmasinya karena jadwal presiden kan padat, biasanya minus 1 hari baru ada kepastian, kami masih menunggu," ungkap Zulfitra.

Sementara itu, untuk menantu dan anak dari Joko Widodo yang juga merupakan Wali Kota dijadwalkan hadir. Seperti Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama istri Kahiyang Ayu terkonfirmasi datang pada tanggal 11 Juli 2023 dan Wali Kota Solo Gibran Rakabumi Raka masih menunggu konfirmasi.

Pada Rakernas APEKSI 2023 ini disuguhkan beberapa rangkaian kegiatan kegiatan Rakernas di Makassar, antara lain Youth City Changers, Gala Dinner, Rapat Kerja, Indonesia City Expo, Fun Sport dan Penanaman Pohon, City Tour, Ladies Program, Forum Bisnis: Makassar Investment Forum, dan Investment Dinner.

Sebagai rangkaian acara pembuka Rakernas APEKSI 2023, yakni Youth City Changers yang akan berlangsung pada tanggal 10 hingga 11 Juli 2023 di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros. Kegiatan ini akan diikuti oleh pemuda dari 98 kota se Indonesia yang merupakan peserta APEKSI. Tak hanya itu, kegiatan ini akan melibatkan delegasi dari Singapura.

Pada kegiatan Youth City Changers akan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo sebagai salah satu tokoh inspiratif yang akan membahas tema "Merebut 2045", selain itu tentunya hadir Ketum APEKSI sekaligus Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar Andi pattiware.

Ia mengungkapkan nantinya para tokoh inspiratif ini akan diberikan waktu masing-masin 15-20 menit untuk bebragi pengalaman dan wawasan mereka dalam mencapai kesusksesan sebagai bentuk motivasi bagi pemuda.

"Pembicara kami beri waktu 15-20 menit untuk membahas tema yang kami angkat,," terang Andi Pattiware

Adapun serangkaian kegiatan dalam Youth City Changers yakni Social Night and Bonfire, Forum Diskusi, Commission Meeting dan Inspirational Talkshow.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang akrab disapa Danny mengatakan Rakernas APEKSI 2023 yang diselenggarakan di Kota Makassar merupakan suatu kehormatan. Maka dari itu, Danny menyebut tersu mematangkan persiapan untuk kegiatan Youth City Changers ini, mulai dari venue, logistik, air bersih hingga keamanan.

Sehingga, Ia meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Makassar untuk bekerja maksimal.

"Ini gengsi dan Legecy nya kita. Kami sudah berhassil menggelar OTDA dan MNEK jadi tidak boleh menganggap enteng APEKSI. Jadilah tuan rumah yang terbaik," ucap Danny.

Pada tanggal 11 Juli 2023, akan digelar gala dinner bertajuk ' Makassar Kota Makanan Enak' yang akan diadakan di anjungan Pantai Losari. Acara ini akan menampilkan kekayaan kuliner kota Makassar yang terkenal lezat.

Di hari selanjutnya, pada tanggal 12 Juli akan dilangsungkan pembukaan resmi forum Rakernas dan panel dengan seremonial menabuh gendang oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Ada pula event Indonesia City Expo (ICE) yang akan menampilkan produk dan potensi kota-kota di Indonesia.

Selain itu, terdapat karnaval seni budaya di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Kota Makassar, di mana perwakilan dari tiap kota akan memamerkan kekayaan budaya mereka dengan mengenakan pakaian adat khas daerah masing-masing.

Pada tanggal 13 Juli, para wali kota akan terlibat dalam rapat pleno dan panel, di mana mereka akan berdiskusi tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mewujudkan Indonesia yang kuat melalui peningkatan daya saing kota.

Ada pun event Indonesia City Expo (ICE) yang akan menampilkan produk dan potensi kota-kota di Indonesia. Selain itu, terdapat karnaval seni budaya di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Kota Makassar.

Di mana perwakilan dari tiap kota akan memamerkan kekayaan budaya mereka dengan mengenakan pakaian adat khas daerah masing-masing.

Para peserta Rakernas APEKSI juga akan berpartisipasi dalam kegiatan fun sport bersepeda santai di anjungan Pantai Losari, serta melakukan penanaman pohon sebanyak 300 tabebuya.

Terdapat karnaval seni budaya di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Kota Makassar, di mana perwakilan dari tiap kota akan memamerkan kekayaan budaya mereka dengan mengenakan pakaian adat khas daerah masing-masing.

Selain itu, dijadwalkan City Tour di Benteng Rotterdam dan Ladies Program yang melibatkan talkshow, demo memasak, dan peragaan busana.

Pada tanggal 14 Juli, kegiatan terakhir dalam Rakernas APEKSI XVI akan diselenggarakan Makassar Investment Forum (IMF) di Hotel Claro.

Agenda ini sebagai kesempatan bagi setiap pemerintah kota untuk membuka peluang kerja sama dan investasi guna mempercepat pembangunan kota mereka. (Sasa Anastasya/B)

  • Bagikan