Perubahan Bacaleg Tak Signifikan

  • Bagikan
Sekretaris Golkar Sulsel, Andi Marzuki Wadeng menyerahkan dokumen perbaikan Bakal calon Legislatif di kantor KPU Sulsel Ahad (9/7/2023) malam. (Fahrullah/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Politik (Parpol) tidak melakukan perubahan signifikan terhadap komposisi Bakal calon legislatif (Bacaleg) yang akan bertarung pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Ketua DPW Perindo Sulsel, Sanusi Ramadhan mengatakan masa perbaikan memang cukup panjangan, namun pihaknya menyerahkan berkas perbaikan di hari terakhir 9 Juli 2023 kemarin.

"Pengembalian masa perbaikan cukup panjang tapi masih adanya juga pemberkasan pergantian. Dan Alhamdulillah dari 85 yang kami daftarkan tidak ada perubahan jumlah, tapi satu dua dapil bergeser nama dan nomor urut," kata Sanusi.

Dirinya menyebutkan dari 85 Bacaleg DPRD Sulsel dari 11 Daerah Pemilihan (Dapil) hanya 8 yang memenuhi syarat (MS) selebihnya kata dia BMS (Belum Memenuhi Syarat).

"Setelah kami cek hanya kesalahan biasanya saja, hanya beberapa yang krusial saja dan itu kami perbaiki sementara yang lain di Silon saja," ujarnya.

Yang krusial yakni ada beberapa Bacaleg mereka yang terdaftar di partai lain. "Kegandaan ada dua, di Dapil 5 dengan Demokrat Dapil 6 sama dengan PKB dan itu sudah ada surat pernyataan," singkatnya.

Liaison officer (LO) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Robby Tansil mengatakan jika pihaknya sudah melakukan perbaikan komposisI Bacaleg dan itu dikerja bukan perseorangan tapi bersama tim.

"Kami bersyukur dari tim penginputan data PDI Perjuangan maka seluruh komposisi Bacaleg kami sudah tuntaskan," katanya.

Namun dirinya tidak ingin menyebutkan apakah ada perubahan komposisi Bacaleg atau tidak karena bukan ranahnya untuk menjawab itu.

"Kami belum bisa menjawab karena kami ini tegak lurus satu komando, yang jelas kami sudah melakukan perbaikan. Kami tidak membicarakan hal ini karena masih ada hal-hal khusus yang kami bicarakan dalam partai," jelasnya. (Farullah/B)

  • Bagikan