Rakernas APEKSI XVI Resmi Dibuka, Danny Sebut Jadi Momen Sejarah

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat memberikan sambutan pada pembukaan Rakernas APEKSI XVI di Upperhills Convention Hall Metro Tanjung Bunga, Makassar, Rabu (12/7). (Shasa)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyebut Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-16 akan menjadi momentum yang berkesan dan sekaligus bersejarah.

Pasalnya, kata Danny Pomanto sapaan akrabnya, mengatakan rakernas kali ini merupakan tahun terakhir yang akan diikuti oleh 85 Wali Kota karena masa jabatan mereka segera berakhir.

"85 Wali Kota akan mengakhiri masa tugasnya di tahun ini dan tahun depan, hanya 6 yang tinggal di antaranya saya (Danny), dan Wali Kota Meda Bobby," ucap Danny pada pembukaan Rakernas APEKSI XVI di Upperhills Convention Hall Metro Tanjung Bunga, Makassar, Rabu (12/7).

Danny menyebut momentum ini menjadi bersejarah karena dibawah kepemimpinan Ketua APEKSI Bima Arya mampu mengundang bakal calon presiden (Bacapres) untuk hadir berdiskusi di Rakernas APEKSI ini dalam Panel Diskusi untuk bisa menerima gagasan-gagasan dari seluruh kota.

"Saya kira ini adalah sejarah," ucap Danny.

Apalagi, kata Danny, tidak dapat dipungkiri saat ini sedang dalam rotasi pemerintahan. Dengan kondisi ini, Ia menyebut aspirasi dan inspirasi dari berbagai kota menjadi sangat diperlukan bagi kemajuan bangsa ini melalui sinergi dan kolaborasi.

"Slogan APEKSI adalah sinergi dari seluruh wali kota duduk sejajar untuk Indonesia," tutur Danny.

Tak hanya itu, dalam menyiapkan pemimpin-pemimpin di masa depan, Danny mengatakan telah digelar City Changers (YCC) yang menghadirkan para pemuda-pemuda dari 50 Kota se Indonesia bersama delegasi pemuda dari negera Singapura untuk duduk bersama membahas berbagai isu yang akan menjadi tantangan di masa depan.

Di mana, pemuda pemuda ini nantinya mampu menjadi tokoh-tokoh perubahan mulai hari ini dan akan menjadj pemimpin di masa depan.

"Ini adalah usulan kang Bima. Pemimpi yang terbaik adalah pemimpin yang menyiapkan pemimpin berikutnya," terang Danny.

Pembukaan Rakernas APEKSI ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang diwakili oleh Sekjen Mendagri Dr Suhajar, 98 Wali Kota serta perwakilan dari seluruh Indonesia, Ketua APEKSI Bima Arya, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Andi Ina Kartika, jajaran forkopimda Kota Makassar. (Shasa/B)

  • Bagikan