Gerah Dituding Memata-matai, BRIN Angkat Bicara Terkait Nikuba

  • Bagikan
Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN Haznan Abimanyu

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -- Penemu teknologi Nikuba Hidrogen, Aryanto Misel kesal pada peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dia menyebut peneliti BRIN juga berada di Italia saat hendak mempresentasikan teknologi Nikuba di hadapan petinggi perusahaan otomotif Ferrari dan Lamborghini.

Gerah dituding memata-matai Aryanto Misel dan proyek Nikuba-nya, pihak BRIN angkat suara. Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN Haznan Abimanyu membongkar fakta keberadaan peneliti BRIN di Milan, Italia, bersamaan dengan kedatangan Aryanto Misel.

Aryanto Misel diundang petinggi perusahaan otomotif ke Italia pada Jumat, 16 Juni 2023 lalu.

Nah, Haznan Abimanyu juga mengklaim bahwa kedua belah pihak, yakni Aryanto Misel dan BRIN diajak ke Italia oleh pengundang yang sama.

"Memang betul ada periset BRIN yang datang ke Italia dan bertemu secara kebetulan, juga bertemu dengan Pak Misel," kata Haznan, dikutip Senin 17 Juli 2023.

Mengenai penjelasan itu, BRIN tak menyebutkan secara pasti pihak pengundangnya tersebut. Hanya menyebutkan sebagai 'produsen roda dua yang induk perusahaannya di Italia.

Pengundang itu diduga Octagon Precision Indonesia, perusahaan yang punya unit bisnis pemasaran motor listrik Gesits.

"Keduanya punya misi berbeda. Peneliti BRIN membawa misi kerja sama teknologi motor listrik sedangkan Aryanto terkait Nikuba," jelasnya.

  • Bagikan