Matangkan Persiapan, F8 Makassar Siap Digelar 23 Agustus Mendatang

  • Bagikan
Makassar F8 2023

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Makassar International Eight Festival & Forum atau F8 akan kembali dihelat. Rencananya, acara ini berlangsung selama lima hari, mulai dari tanggal 23 hingga 27 Agustus 2023 mendatang. Kegiatan ini akan dilaksanakan Kawasan Pantai Losari, Jalan Penghibur Kota Makassar. 

Perhelatan F8 ini akan berlangsung kurang dari satu bulan lagi, Direktur Utama PT Festival Delapan Indonesia, Sofyan Setiawan mengatakan sebagai pihak penyelenggaran saatt ini persiapan yang dilakukan sudah mencapai progres sekitar 80 persen. 

"Semua persiapan berjalan sesuai jadwal, dan konsep pemanggungan acara telah matang," ujar Wawan sapaan akrabnya, Jumat (21/7). 

Adapun konsep yang diusung pada F8 tahun ini, kata Wawan, secara luasan area akan memanfaatkan secara optimal dengan beberapa penyesuaian dari tahun sebelumnya. Berbagai potensi akan dimaksimalkan, dan kendala-kendala yang terjadi di tahun sebelumnya telah diperbaiki untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengunjung.

Seperti, salah satu penyesuaian yakni penambahan pintu masuk ke area F8. Jika tahun lalu hanya terdapat dua pintu masuk dari arah utara dan selatan, sekarang akan ditambah menjadi empat pintu masuk, ditambah dengan dua pintu darurat, sehingga total akan ada enam pintu yang disiapkan untuk memudahkan akses para pengunjung.

"Area-area yang tidak potensial atau kurang ramai kemarin, kami lakukan developt baru. banyak hal hal yang bisa dinikmati oleh pengunjung F8 secara maksimal di semua anjungan atau di empat zona yang kami developt baru," ucap Wawan. 

Meski begitu, untuk inovasi yang akan dihadirkan pada F8 2023 ini, Wawan masih enggan membeberkan secara rinci. Sebab, masih menunggu waktu untuk launching resminya. 

Rencananya, peluncuran resmi F8 2023 akan dilakukan dalam waktu dekat, tepat sebulan sebelum acara berlangsung.

Wawan menyebut dalam launching resmi F8 mendatang sudah dapat tergambar mulai dari konsep hingga guest star atau artis yang bakal menghibur pengunjung pada F8 2023 mendatang.

Wawan melanjutkan perhelatan F8 ini akan dihadiri oleh berbagai tokoh. Ia berharap berharap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dapat membuka acara ini. 

Ia juga mengaku telah megundang 88 Wali Kota dan 98 Kota pada kegiatan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). 

Selain itu, sejumlah negara sahabat yang telah menjadi langganan hadir di F8 juga telah dikirim undangan. Meskipun belum semua mendapat balasan, Wawan melanjutkan beberapa kota sudah menunjukkan minat dan antusiasme untuk berpartisipasi dalam acara yang spektakuler ini. 

Diketahui, event F8 ini masuk pada Kalender Event Nasional (KEN) 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. 

Pagelaran F8 ini telah berlangsung sejak tahun 2016, namun karena adanya pandemi Covid-19 maka di tahun 2020 dan 2021 ini ditiadakan dan kembali terlaksana di tahun 2022. (Shasa/B)

  • Bagikan