Resmi Dukung Prabowo Capres, Golkar Sulsel Dorong Airlangga Cawapres

  • Bagikan
Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Marzuki Wadeng. (dok)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Golkar, PAN dan PKB resmi mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden 2024. Momen deklarasi ketiga partai tersebut dilakukan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, (13/8/2023).

Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Marzuki Wadeng dimintai tanggapan soal Golkar dukung Prabowo Capres. Ia menyampaikan kader di daerah akan taat pada putusan tersebut.

"Saya kira deklarasi itu disampaikan Ketum, sebagai kader Golkar yang taat asaz harus kita dukung," ujarnya, Minggu (13/8/2023) kepada wartawan Rakyat Sulsel lewat via seluler.

Ia menyampaikan salah satu alasan Golkar mendukung Prabowo karena Rakernas terakhir antara ketua ketua DPD se-Indonesia sudah mengamanahkan kepada ketum Airlangga untuk menentukan sosok  Capres maupun Cawapres.

"Maka hari ini kita sudah melihat beliau sudah melaksanakan amanah ketua DPD dan pusat. mudah mudahan seluruh kader di Sulawesi Selatan, dan daerah lain bersatu mendukung," harapnya.

Mantan anggota DPRD Sulsel itu bernyampaikan besar harapan partai koalisi Gerindra, PKB, Golkar dan PAN kesepakatan memilih salah satu di antara tiga ini untuk menjadi Cawapres.

"Kita berharap lobi-lobi 4 partai ini PAN Gerindra, PKB dan Golkar ada kesepakatan memilih salah satu di antara tiga ini untuk menjadi Cawapres. Tentu kami dari Golkar menginginkan Ketum kami yang jadi Cawapresnya," katanya.

Alasan menjadi pertimbangannya, kata dia, adalah kursi Golkar di DPR RI lebih banyak dari mereka partai pengusung lainha. Bahkan Golkar lebih unggul dari Gerindra.

Tentu demikian populasi suara seluruh Indonesia lebih besar. Tentu itu harapan harapan saya bahwa keempatnya  bisa menyepakati secara aklamasi tentu dengan diskusi yang matang. 

"Sebagai Kader partai Golkar ketum pak AH kita diambil sebagai calon wakil Presiden," terangnya .

Lantas bagaimana kedepannya Golkar di Provinsi juga akan berkoordinasi? Ia menuturkan, bahwa sudah tentu ada tindak lanjut ketua DPD I atau DPW partai koalisi untuk mensosialisasikan dan langkah langkah strategis yang diambil untuk memenangkan itu.

"Itu nanti ketua kami pak TP yang bisa menyampaikan. Inikan sangat berefek pemenangan di Pileg 2024. Kita harus ambil langkah dari situ. Jangan hanya mendukung tapi beliau sebagai cawapresnya dengan pertimbangan tadi itu," jelasnya.

Diketahui, dukungan kepada Prabowo Subianto itu, masing-masing dinyatakan oleh ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan ketua umum PAN Zulkifli Hasan. Mereka juga menandatangani kerjasama politik antara Prabowo dengan Partai Gerindra, PKB, Golkar dan PAN.

Menurut Airlangga Hartarto, Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Letjen TNI Purn Prabowo Subianto karena Prabowo lahir dari rahim Partai Golkar.

"Pak Prabowo selalu mengikuti kegiatan Golkar dan tidak diragukan Pak Prabowo sangat egaliter," kata Airlangga saat menyampaikan dukungannya. (Yadi/B)

  • Bagikan