Habiskan Bantuan Keuangan Pemprov Rp7 Miliar, Proyek Talud Jalan di Bone Terkesan Asal-asalan

  • Bagikan
Kondisi talud jalan di ruas jalan Lapeccang - Lonrong (Jalan Masuk Pesantren Cina), di Patironge Desa Ajangpulu Kecamatan Cina Kabupaten Bone, yang diduga dikerja asal-asalan.

BONE, RAKYATSULSEL - Dana yang digelontorkan Provinsi Sulawesi Selatan ke Kabupaten Bone sebesar Rp. 7.057.816.000 melalui Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) Sulawesi Selatan yang dikelola CV. Darussalam Mulia Perkasa dalam tiga paket kegiatan ruas jalan di Kabupaten Bone terkesan asal-asalan pembuatan taludnya.

Pasalnya, sejumlah pondasi talud ruas jalan yang dikerja oleh CV. Darussalam Mulia Perkasa tersebut diduga ada yang tidak digali, seperti ruas jalan Lapeccang - Lonrong (Jalan Masuk Pesantren Cina) 1.200 Km di Patironge Desa Ajangpulu Kecamatan Cina Kabupaten Bone.

Sebagaimana yang dikemukakan oleh Ketua LSM Mata Silompoe Bone, Andi Syamsul Alam ke Harian Rakyat Sulsel saat ditemui di Patironge, Minggu (27/08/2023).

"Ada beberapa talud jalan yang dikerja oleh CV. Darussalam Mulia Perkasa terkesan asal-asalan, sebab selain diduga pondasi taludnya tidak digali juga banyak yang talud yang retak-retak. Coba kita lihat sendiri," tegas Andi Syamsul Alam sambil menunjuk talud jalanan tersebut.

"Untuk ruas jalan di Patironge yang masuk ke lokasi pembangunan pesantren Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, ada sekira 50 meter talud jalanan tersebut diduga tidak digali pondasinya. Jika kita tusuk maka penusuk akan tembus tanpa ada penghalang seperti semen dan batu," tambahnya.

"Terkesan batu pondasi hanya diletakkan baru disemen dan bahkan talud tersebut sudah banyak yang pecah-pecah. Jadi kemungkinannya ada digali dan ada juga yang tidak digali. Intinya mutu pekerjaan tidak bagus.Tentu ini diduga merugikan keuangan negara yang tentunya tidak sedikit," ujar Andi Syamsul Alam.

"Kegiatan tersebut merupakan Pekerjaan Pembangunan Jalan BKP Paket 3 TA 2022 yang dikerja oleh Agung dari CV. Darussalam Mulia Perkasa," ujarnya lagi.

Tambahnya lagi, pembangunan jalanan yang terdiri dari tiga (3) paket tersebut dikerja oleh Agung dari CV. Darussalam Mulia Perkasa.

  • Bagikan