Nama Penjabat Gubernur di Meja Mendagri

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pembahasan calon penjabat gubernur Sulawesi Selatan segera memasuki tahap finalisasi. Saat ini, nama yang akan menggantikan Andi Sudirman Sulaiman itu sudah ada di meja Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Benny Irwan menyatakan nama calon penjabat gubernur Sulsel akan diumumkan pekan depan.

Menteri Tito Karnavian, kata Benny, tengah mengusulkan pengumuman nama penjabat gubernur ke Presiden Joko Widodo.

"Nama-nama penjabat gubernur Sulsel dan beberapa provinsi lainnya sudah di meja Mendagri. Sisa diusulkan untuk diumumkan pekan depan," kata Benny kepada Harian Rakyat Sulsel, Selasa (29/8/2023).

Selain Sulsel, ada sepuluh provinsi lainnya yang akan diisi oleh penjabat gubernur. Benny mengatakan, pihaknya masih menunggu jadwal presiden untuk mengeluarkan persetujuan.

"Dipastikan pekan depan karena masa jabatan gubernur sekarang berakhir 5 September," beber Benny.

Dia mengatakan, nantinya Presiden Joko Widodo akan memimpin tim penilai akhir (TPA) untuk menentukan nama penjabat kepala daerah.

"Jadi sekarang masih menunggu sidang TPA yang dipimpin oleh Presiden dan dihadiri menteri-menteri dan pimpinan lembaga negara," sambung dia.

Benny menegaskan, khusus penjabat Gubernur Sulsel, tak ada nama yang diusulkan oleh DPRD Sulsel. Oleh sebab itu, Kementerian Dalam Negeri yang mengusulkan nama-nama calon. Sejak pekan lalu, nama-nama yang diusulkan telah dibahas di internal Kemendagri.

"Jumlahnya saya tidak tahu. Beberapa nama sudah dibahas di tingkat eselon satu Kementerian Dalam Negeri," ujar dia.

  • Bagikan