Dinas PU Makassar Dukung Perubahan Nama Jalan Cendrawasih jadi Opu Daeng Risaju

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan saat meresmikan pergantian nama Jalan Cendrawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risaju, Selasa (22/8/2023) lalu.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar mengapresiasi pergantian nama Jalan Cendrawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risaju.

Di mana, peresmian jalan tersebut dilakukan langsung oleh oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, dihadiri perwakilan SKPD lingkup Pemkot Makassar, Selasa (22/8/2023) lalu.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto menjelaskan, alasan utama di balik pergantian nama ini, yaitu menghormati sosok Opu Daeng Risaju yang merupakan pahlawan nasional di dua zaman.

“Bukan hanya itu, Opu Daeng Risaju juga memberikan inspirasi mengenai isu gender, perjuangan wanita yang saat ini menjadi bagian penting dalam kehidupan dunia. Dengan ini kami bangga bisa perkenalkan ke seluruh dunia bahwa kami memiliki pahlawan nasional perempuan,” kata Danny.

Sementara itu, Kadis PU Makassar, Zuhaelsi Zubir menyambut baik pergantian nama Jalan Cendrawasih menjadi Opu Daeng Risaju.

“Pergantian nama Jalan Cendrawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risaju ini bukan hanya sekadar perubahan nama, tetapi juga sebuah penghormatan dan pengakuan atas jasa-jasa Opu Daeng Risaju dalam sejarah dan perjuangan gender yang telah memberikan inspirasi kepada banyak orang,” tutur Zuhaelsi, Sabtu, 2 September 2023.

Ia pun menegaskan, pihaknya akan berkomitmen untuk mendukung segala upaya pemeliharaan dan pengembangan infrastruktur di Jalan Opu Daeng Risaju, yang akan terus menjadi jalan penting di Kota Makassar. (*)

  • Bagikan