Riset Bentuk Mindset Kritis

  • Bagikan
Fakultas Ekonomi dan ,Bisnis (FEB) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menghadirkan Menko PMK RI Prof. Dr. Muhajir Effendy, MAP sebagai keynote Speaker dalam International General Lecture.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Fakultas Ekonomi dan ,Bisnis (FEB) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menghadirkan Menko PMK RI Prof. Dr. Muhajir Effendy, MAP sebagai keynote Speaker dalam International General Lecture.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini membawakan materi bertemakan “Peluang dan Tantangan Pendidikan Kewirausahaan di Era Merdeka Belajar”. Ia menggambarkan visi Indonesia tahun 2045 dengan melihat bonus demografi.

Menurutnya, ada empat hal yang dilihat yakni pembangunan manusia dan Penguasaan ilmu Pengetahuan dan teknologi.

Kedua, Pembangunan Berkelanjutan. Lalu Pemerataan Pembangunan dan terakhir yakni Pemantapan ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan.

“Riset akan membentuk mindset mahasiswa dan dosen lebih kritis dan inovatif, kurikulum kewirausahaan perlu diintegrasikan dalam pendidikan formal lalu pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dihelat dalam rangka menyambut mahasiswa baru angkatan 2023 di auditorium Al Jibra, Kampus II UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Kamis, 14 September 2023. Selain menko PMK, UMI juga menghadirkan Prof. Dr. H Mansyur Ramli, SE, M.Si, Profesor FEB UMI dan Dr. hiram Ting, UCSI University (Malaysia).

Kegiatan yang berlangsung setiap tahun sekali ini mengangkat tema “Advancing Inclusive and Sustainable Global Economy” atau “Memajukan Ekonomi Global yang Inklusif dan Berkelanjutan”. Dekan FEB UMI Makassar, Prof Mursalim mengatakan UMI sudah sangat maju. Ini terlihat dengan semua program studi di FEB telah terakreditasi Unggul.

“Semua program studi di FEB UMI telah terakreditasi Unggul. Insya Allah dalam waktu dekat ini, Profesi Akuntan juga akan akreditasi Unggul,” kata Prof Calling, sapaan akrabnya.

Untuk menunjukkan kualitas itu, kata Prof Calling, pihaknya terus menggelar kegiatan berkualitas yang berskala internasional seperti yang digelar hari ini. (*)

  • Bagikan