Danny Dinilai Mampu Naikkan Elektoral PDIP Sulsel

  • Bagikan
Moh Ramdhan Pomanto saat bergabung dengan PDIP

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel saat ini hanya memiliki satu kursi di DPR RI khususnya daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 1.

Namun kehadiran Walikota Makassar Danny Pomanto mampu menaikan elektoral partai berlambang Banteng Moncong Putih ini pada Pemilu 2024 mendatang.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Sukri Tamma mengatakan jika ada tokoh politik yang bergabung dengan salah satu Parpol dan dia memiliki basis jelas, pastinya memiliki potensi menarik suara. Apalagi dikabarkan Bupati Gowa  Adnan Purichta Ichsan juga dikabarkan akan bergabung dengan PDI Perjuangan.

"Kalau pak Adnan juga nantinya bergabung (PDIP) pasti ada potensi meraih suara cukup besar dan itu bisa menambah itu (dua kursi)," katanya.

Disinggung soal Rudy Pieter Goni naik kelas, kata Prof Sukri naiknya karena pastinya partai mengharapkan basis suara anggota DPRD Sulsel tersebut mengalami kenaikan.

"Kalau saya itu bagian regenerasi dan partai pastinya butut tokoh-tokoh kuat karena partai juga mengingikan meraih suara sebanyak-banyak ketimbang kehilangan kursi (Pemilu 2024)," singkatnya.

Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir mengatakan, walau Danny Pomanto telah bergabung dengan PDI Perjuangan, namun untuk meraih dua kursi di Sulsel 1 itu cukup berat.

"Kehadiran tokoh tidak mampu menambah kursi, tapi untuk meningkatkan perolehan suara saya kira berpotensi naik," katanya.

Ini dikarenakan beberapa partai lain memiliki juga figur potensial yang lebih diterima oleh masyarakat di Sulsel. "Jadi dari 3 Dapil yang ada di Sulsel PDIP hanya mampu mempertahankan 1 kursi setiap Dapil," singkatnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan