Anies di Istana Kedatuan Luwu Disambut Prosesi Adat

  • Bagikan
Anies Baswedan di Istana Kedatuan Luwu Disambut Prosesi Adat. (dok)

PALOPO, RAKYATSULSEL - Kandidat Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan berkunjung di Istana Kedatuan Luwu, Sabtu 23 September 2023. Ia akan mengikuti prosesi adat Mappesabbi Ale.

Setibanya di Istana Kedatuan Luwu, Anies Baswedan akan disambut dengab Ripaduppai Lellung atau dipayungi dengan tenda bertiang 6 yang dibawa oleh 6 orang gadis.

Kemudian Anies Baswedan akan mengikuti tradisi Riwata Lawolo atau berjalan dituntun pemimpin ritual dan dikawal pasukan istana yang kemudian disuguhi tarian penyambutan atau tari Padduppa.

Penyambutan kemudian dilanjutkan dengan tradisi Ripasessu Rimanrawe atau pemberian penghormatan dengan menggunakan 12 tombak pusaka milik istana.

Di depan tangga Salassae, Anies Baswedan kemudian akan Ripakurusumange na riompori wenno pulaweng oleh Sulewatang Songka,

Ritual ini berisi doa dan inaugurasi untuk mempersilahkan Anies Baswedan memasuki balairung Salassae.

Ritual penyambutan ini akan diakhiri dengan tradisi Ripallibu ri lamming pulaweng dan ripattudang.

Kandidat Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan, tiba di Istana Kedatuan Luwu, Sabtu 23 September 2023 sekira pukul 12:40 Wita. Ia disambut dengan Ripaduppai Lellung atau dipayungi dengan tenda bertiang 6 yang dibawa oleh 6 orang gadis.

Anies Baswedan mengungkapkan kesan pertamanya saat tiba di Bandara I Lagaligo Bua, Kabupaten Luwu.

Dia mengaku seperti seorang perantau yang telah pergi lama dan kembali ke kampung halamannya.

"Kami seperti seorang anak yang berpetualang lama jauh dan kembali ke kampungnya," katanya.

Anies menjelaskan, hangatnya sambutan masyarakat Tana Luwu membuat dirinya merasa tentram berada di Tana Luwu.

"Kehangatan kami rasakan saat tiba di Tana Luwu. Ada rasa tentram, hangat istilahnya ada rasa sakinah ketika tiba disini," jelasnya.

Sekedar informasi, Anies Baswedan saat ini tengah mengikuti prosesi adat Mappasebbi Ale di Istana Kedatuan Luwu.

Usai mengikuti prosesi Mappasebbi Ale, Anies Baswedan dijadwalkan akan melaksanakan salat dhuhur di Masjid Jami Tua Kota Palopo. Kemudian akan melanjutkan kunjungannya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Suryadi/A)

  • Bagikan