SD Negri 3 Kota Parepare Menerapan Nilai PHBS dan P5 Melalui Kegiatan Lapangan.

  • Bagikan


Kasman Makkasu

PAREPARE, RAKYATSULSEL -Perilakuciri utama penerapan nilai Pancasila, termasuk didalamnya adalah penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Perilaku ini harus ditanamkan sejak dini bagi anak-anak kita.

Penerapan perilaku yang baik tentu akan lebih cepat dicerna oleh anak-anak jika mereka mempraktekkan hal tersebut, seperti yang dilaksanakan oleh anak kelas 1.1 SD Negeri 3 Kota Parepare sabtu, 23 September di Pizza Hut.

Diawal pelaksanaan kegiatan mereka diajarakan untuk melakukan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) sebelum mereka memulai aktifitas, menggunakan pakaian pelindung dan memakai hands glove, tentu praktek ini akan tertanam di benak anak. Melalui aktifitas ini mereka akan lebih cepat memahami, mengerti dan tahu bagaimana menerapkan perilaku hidup bersih sebelum dan setelah beraktifitas.

Selain itu anak-anak diajarkan untuk kreatif, inovatif dalam melakukan suatu kegiatan atau proyek. Sebeb secara lansung mempraktekkan proses pembuatan pizza yang bersih dan baik. Mereka diajarkan bagaimana prosedur pengelolaan makanan yang bersih dan sehat ‘tutur Ibu Eva Wali Kelas 1.1”

Selanjutnya ditambahkan oleh ibu Eva, kegiatan ini mengajarkan kewirausahaan serta mengajak siswa untuk berlatih mengidentifikasi potensi ekonomi di lingkungan sekitar atau sekolah. Peserta didik bisa diajak untuk membuat suatu produk yang bernilai. Hal ini merupakan penerapan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diajarkan disekolah

Nilai-nilai dan perilaku PHBS dan P5 inilah yang harus kita tanamkan ke anak-anak sejak dini, agar bisa menciptakan generasi sehat dan berdaya saing global dimasa depan. (*)

  • Bagikan