Ingin Terus Munculkan Atlet Nasional, Bupati Ilham Azikin Bangun Lapangan Mini Soccer Rumput Sintetis Standar FIFA

  • Bagikan
Bupati Bantaeng Ilham Azikin melaksanakan peletakan batu pertama Pembangunan Lapangan Sepak Bola Mini atau Mini Soccer di Lapangan Takkang Bassia, Kecamatan Sinoa.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Bupati Bantaeng Ilham Azikin bersama sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Bantaeng melaksanakan peletakan batu pertama Pembangunan Lapangan Sepak Bola Mini atau Mini Soccer di Lapangan Takkang Bassia, Kecamatan Sinoa, Sabtu (23/9).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Bantaeng Abdullah dalam laporannya mengatakan anggaran yang digunakan untuk pembangunan lapangan sepak bola mini berasal dari APBD Bantaeng tahun 2023.

"Lapangan ini akan menggunakan rumput sintetis dengan total anggaran Rp 1,3 Miliar. Waktu pelaksanaan 100 hari kerja. Tujuannya, untuk merangsang minat olah raga masyarakat dan mewadahi generasi muda untuk meraih prestasi di bidang sepak bola," kata dia.

Pelaksana CV Syafira Mulia Jaya Jefry Zan Fattah menjelaskan lapangan sepak bola yang akan dikerjakannya itu menggunakan rumput sintetis Natural Grass berstandar FIFA. Ketahanan rumput itu selama 5 tahun.

Pembangunan akan dilaksanakan bertahap. Tahap pertama lapangan ukuran panjang 50 meter x lebar 30 meter dan jaring keliling. Tahap selanjutnya lampu, tribun dan ruang ganti.

"Bapak Bupati Bantaeng mengutamakan manfaat jadi tahap pertama kita kerjakan lapangan dan jaringnya," kata dia.

Sementara itu, Bupati Bantaeng Ilham Azikin dalam sambutannya mengatakan pembangunan tersebut merupakan bentuk kehadiran pemerintah yang memberikan perhatian untuk pengembangan olah raga di Kabupaten Bantaeng.

"Kita akan membangun sarana sepak bola dengan menggunakan rumput sintetik. Ini untuk pertama kali di Sulsel ada lapangan di tingkat desa yang menggunakan rumput sintetis," kata dia.

Dia berharap, sarana itu nanti dapat menjadi semangat dan akan melahirkan atlet nasional. Dia mengungkapkan, lapangan Takkang Bassia telah melahirkan sejumlah pemain Timnas Indonesia.

"Ada Irfan Jaya, Kahar Kalu dan Saldi. Semua ini menjadi bagian dari apresiasi kita. Bahwa dengan kondisi lapangan seperti kemarin, apalagi kalau kita sudah perbaiki. Insya Allah kedepan Kabupaten Bantaeng melalui Kecamatan Sinoa tidak akan pernah berhenti melahirkan atlet-atlet berprestasi cabang sepak bola di tingkat nasional," kata dia.

Dia mengatakan, secara geografis juga lapangan Takkang Bassia sangat ideal untuk dijadikan pemusatan pembibitan untuk atlet-atlet sepak bola. 

"Cuacanya bagus, tidak jauh dari kota dan masyarakatnya cinta sepak bola. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terlaksana dan selesai dengan baik. Dan yang terpenting dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat Bantaeng," kata dia. (Jet)

  • Bagikan