Rancangan Anggaran Perubahan 2023, Tak Ada Anggaran Stadion

  • Bagikan
ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Sulawesi Selatan tak mengalokasikan anggaran untuk proyek pembangunan stadion pada APBD Perubahan 2023. Dengan begitu, dapat dipastikan impian warga Sulsel memiliki stadion baik di Mattoanging maupun Barombong, masih jauh dari kenyataan.

Harapan masyarakat, khususnya suporter PSM Makassar, agar Sulsel segera memiliki stadion baru harus dipendam lebih dahulu. Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023, pemerintah Provinsi Sulsel tak mencantumkan alokasi anggaran untuk pembangunan maupun renovasi stadion.

Anggota Komisi E Dewan Perwakilan rakyat Daerah Sulsel, Ady Ansar menyatakan dari Rp10,13 triliun persiapan anggaran, tak ada satupun item yang mencantumkan untuk proyek stadion baik di Barombong maupun Mattoanging.
"Artinya tidak ada alokasi anggaran pembangunan stadion di APBD Perubahan yang saat ini tengah dalam pembahasan," ujar Ady, Kamis (28/9/2023).

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan rapat pembahasan item-item APBD Perubahan 2023 dengan mitra yaitu Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulsel. Hanya saja, tak ada sedikitpun di dokumen anggaran usulan untuk kelanjutan pembangunan stadion.

"Tidak ada di dokumen anggaran. Kita sudah lakukan rapat dengan Dispora sebagai leading sektor," beber dia.
Pemprov Sulsel bukan kali pertama menganggarkan pembangunan Stadion Mattoanging. Pada 2021 dan 2022 lalu dana yang dianggarkan tidak terpakai karena gagal tender untuk proyek Stadion Mattoanging. Selain itu, sejumlah masalah hukum karena sengketa lahan yang akan digunakan proyek tersebut juga masih berlangsung.

"Kita berharap ke depan tetap ada anggaran untuk stadion karena ini merupakan bagian dari aspirasi masyarakat," imbuh dia.

  • Bagikan