Tinggalkan Zona Nyaman, Pengamat Sebut Fatmawati Berpeluang Besar Duduk di DPR RI

  • Bagikan
Fatmawati Rusdi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi rela meninggalkan zona nyaman sebagai orang nomor dua di Kota Makassar. Padahal masa jabatannya masih kurang lebih sekitar 2 tahun lagi.

Disaat figur lain mengincar 01 atau 02 kepala daerah. Fatma justru mendapat tugas baru dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, untuk maju di Pileg DPR RI tahun 2024 mendatang.

Fatmawati masuk di Daftar Caleg Tetap (DCT) yang disetor partai di DPP ke KPU RI pada Selasa (3/10/2023). Ia maju Caleg nomor urut 01 di dapil Sulsel I, meliputi meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng, Jeneponto, dan Selayar.

Fatma akan bersaing dengan sejumlah kader internal. Adapun komposisi bacaleg NasDem Dapil Sulsel I yakni Fatmawati Rusdi, Rudianto Lallo, Riyana Yulianti, Mario David PN, Tenri Olleh Yasin Limpo, Nasir, Azhar Usman dan Ahmad Dg Sere.

Lantas bagaimana melihat peluang Wawali Fatma di Pileg 2024. Direktur Profetik Institute Asratillah berpandangan jika wakil Bendahara DPP NasDem itu memiliki kans kuat secara elektoral.

"Bu Fatma bagi saya termasuk figur yang kuat secara elektoral. Potensi sangat besar Senayan," katanya, Kamis (5/10/2023).

Dai memberikan alasis beberapa faktor yakni.  Pertama, Fatma adalah berpengalaman sebagai wakil Walikota Makassar, tentu ini menjadi modal politik yang besar.

"Pengalaman tanding di Makassar memudahkan beliau untuk mencari kantong-kantong suara besar, mengingat pemilih di Kota Makassar berjumlah sejuta lebih," jelasnya.

  • Bagikan