Said Didu Ungkap Masifnya Barang Impor di E-Commerce Akibat Ulah Jokowi

  • Bagikan
Said Didu

JAKARTA, RAKYATSULSEL — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia dijajah secara ekonomi. Dilihat dari masifnya barang impor di e-commerce.

Menimpali hal itu, eks Sekretaris Badan Usaha Milik Negara Muhammad Said Didu mengatakan Indonesia tidak sekadar dijajah secara ekonomi. Tapi juga politik dan ideologi.

“Bapak Presiden yth, rakyat yang waras sadar bahwa Indonesia saat ini bukan hanya dijajah secara ekonomi tapi juga secara politik dan ideologi,” ungkapnya dikutip dari unggahannya di X, Jumat (6/10/2023).

Didu mengatakan, penjajahan itu karena ulah Jokowi sendiri. Karena kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

“Penyebabnya adalah kebijakan Bapak,” ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi menyoroti barang impor yang masuk melalui e-commerce. Ia mengatakan, Indonesia secara tidak sadar dijajah.

“Jangan sampai kita terlena dalam hitungan bulan, enggak mau saya terkena penjajahan di era modern," kata Jokowi di depan Peserta Program Pendidikan Lemhannas Tahun 2023, di Istana Negara pada Rabu (4/10).

Alih-alih pasar Indonesia dikuasai negara lain, ia mengatakan mestinya Indonesia jadi pemain utama di pasar internasional. Setidaknya menguasai pasar ekspor di Asia Tenggara. (fajar online)

  • Bagikan