Kalah di kandang Sendiri, Ini Kata Pelatih PSM

  • Bagikan
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - PSM Makassar mengalami kekalahan di kandang sendiri saat menjamu Madura United dengan skor 0-2 pada Pekan ke-15 Liga I Indonesia 2023/2024 di stadion BJ Habibie Kota Parepare, Minggu (8/10/2023) petang.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengatakan pertandingan ini bukan hal yang mudah. Apalagi PSM Makassar telah mengalami, lima kekalahan beruntun.

"Baru kali ini saya alami (Kelakahan lima kali beruntun). Saya tidak akan menyerah, selama pemain tidak menyerah," kata Pelatih PSM, Bernardo Tavares saat melakukan jumpa pers usai pertandingan.

Dirinya menyebutkan, kunci kemenangan Madura United ialah tidak menyia-nyiakan peluang yang didapatkan. Sementara PSM tak berhasil memanfaatkan satu peluang pun menjadi gol di laga ini.

"Mereka (Madura United) mempunyai akurasi yang lebih baik. Padahal kita punya peluang lebih banyak dari mereka, seperti sepakan pojok. Namun mereka manfaatkan peluang pertama jadi gol," ujarnya.

Menurut Bernardo, anak asuhnya sejatinya mendominasi permainan. Peluang yang diciptakan juga lebih banyak ketimbang Laskar Sapeh Kerrab. Tapi akurasi masih menjadi masalah bagi Everton dkk.

"Peluang mereka di babak pertama cuma dua, kita punya lebih. Di babak kedua, kita juga punya peluang lebih. Tapi inilah sepakbola, kalau kita tidak bisa mencetak gol, maka lawan yang hukum kita dengan mencetak gol," lanjutnya.

Di sisi lain, Bernardo mengapresiasi perjuangan anak asuhnya, meski hasil pertandingan tidak sesuai harapan. Menurutnya, Arfan dkk sudah memberikan segalanya di laga ini.

"Sayangnya, kita menerima banyak pemain cedera di pertandingan tadi. Sebelumnya juga banyak pemain yang tidak bisa kita gunakan dengan berbagai alasan," tuturnya.

Pelatih berkewarganegaraan Portugal ini menilai, kekalahan lima laga beruntun ini harus menjadi pelajaran. Apalagi ke depan, tugas berat PSM karena harus menembus papan atas klasemen Liga 1.

Bernardo berterimakasih atas kedatangan suporter ke stadion. Dia bilang, secara perlahan penonton mulai kembali ke hadir untuk memberikan dukungan. Ini merupakan sinyal yang kuat bagi PSM.

"Musim lalu, kita mengejutkan semua orang, melampaui ekspektasi semua orang. Tapi hal ini akan tersaji karena salah satunya, ialah suporter selalu full, suporter mendukung kita di kandang. Dan hari ini, atmosfer tersebut mulai terlihat kembali," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan