Tiga Capres 2024 Terus Bergerilya di Sulsel, IPI Sebut Prabowo Masih Kuat

  • Bagikan
Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir. (dok)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pilpres 2024 mendatang hampir dipastikan akan diikuti tiga pasangan calon (paslon). Adapun 3 pasangan calon itu yakni, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung partai koalisi dari NasDem, PKB dan PKS.

Kemudian, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yang diusung oleh partai koalisi PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura dan Partai Perindo.

Selanjutnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Parpol KIM yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora, Partai Garuda.

Siapakah pasangan capres-cawapres yang berpeluang mendulang suara di Sulsel? Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir membeberkan riset lembaganya. Dimana survey terbaru bulan Oktober 2024 menempatkan Prabowo teratas dibanding capres lain.

"Gambaran survey PT IPI bulan Oktober 2013 ini. Di Sulsel masih basis utama Prabowo," ujarnya, Selasa (24/10/2023).

Ia menyampaikan bahwa dari hasil survey yang dilakukan di 24 kabupaten dan kota di Sulsel, meskipun belum ada pasangam. Namun, hasilnya menjadi rujukan untuk tim dan relawan serta masyarakat umum.

"Hasil survey kami. Prabowo unggul di semua kabupaten dan kota dengan elektabilitas 44.6 persen. Disusul Anies 32,2 persen, dan Ganjar 12,0 persen. Dan TJ/TT/Rahasia 11.2 persen," jelasnya.

Jadi Sulsel, kata dia, masih menjadi basis utama Prabowo. Namun memang tren elektoral Anies di Sulsel cukup bagus karna kerja-kerja politik NasDem dan partai koalasi serta tim selama ini.

"Ini sementara, namun analisis PT IPI, Sulsel masih dikuasai basis Prabowo," tukasnya. (Yadi/B)

  • Bagikan