Resmi! Jokowi Lantik Andi Amran Sulaiman Kembali Jadi Menteri Pertanian

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melantik Andi Amran Sulaiman (AAS) sebagai Menteri Pertanian sisa masa jabatan 2019-2024 menggantikan Syahrul Yasin Limpo. Pelantikan AAS dilakukan di Istana Negara, Rabu (25/10/2023).

Sebelumnya santer tersebar kabar, AAS akan diangkat jadi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi menggantikan Luhut Binsar Panjaitan (LBP). Namun, kesehatan LBP berangsur-angsur pulih dan segera kembali beraktifitas, maka AAS didapuk oleh Jokowi kembali menjabat Menteri Pertanian definif.

Diketahui, AAS merupakan Menteri Pertanian pada masa periode pertama Presiden Jokowi dan Waprres Jusuf Kalla yang menjabat 2014-2019. Selain nama AAS, juga sempat beredar kabar Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono akan dipasang sebagai Mentan.

Pada periode kedua Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin, Menteri Pertanian diisi oleh mantan Gubernur Sulsel yang juga kader Partai NasDem, Syahrul Yasin Limpo. Namun terjadi insiden antara Syahrul Yasin Limpo dengan Ketua KPK Firli Bahuri, sehingga berdampak Syahrul Yasin Limpo harus mundur dari Menteri Pertanian.

Untuk mengisi kekosongan jabatan itu, Jokowi memanggil kembali AAS untuk mengurus masalah pertanian yang ditinggalkan oleh Syahrul Yasin Limpo. (*)

  • Bagikan