Tips Cara Pakai Air Fryer biar Awet dan Hasil Masakan Enak

  • Bagikan

RAKYATSULSEL - Memasak tanpa minyak banyak jadi keunggulan air fryer, tapi tahukah Anda bagaimana cara pakai air fryer yang benar? Cara menggunakan yang benar nantinya akan membuat masakan Anda menjadi lebih enak dan tentunya tahan lama.

Awalnya Anda mungkin tidak mudah untuk membiasakan memasak dengan air fryer karena takut makanan tidak matang dengan sedikit minyak. Namun dengan cara masak yang benar, makanan tidak akan kalah enaknya dengan digoreng menggunakan sistem deep fried.

Tips Cara Pakai Air Fryer biar Awet dan Hasil Masakan Enak

Sistem memasak yang disediakan oleh air fryer sebenarnya tidak jauh berbeda ketika Anda menggunakan oven atau microwave. Tinggal menyediakan makanan yang sudah dibumbui kemudian masukkan ke dalam alat. Hanya saja ada beberapa pengaturan dan penambahan minyak yang harus diperhatikan dengan teliti.

Berikut ini beberapa tips untuk menggunakan air fryer agar makanan jadi lebih enak.

1. Menyalakan 2-3 Menit Sebelumnya

Demi menghemat waktu untuk memasak, Anda bisa menyalakan air fryer terlebih dahulu selama 2 hingga 3 menit saja. Layaknya sedang memanaskan minyak, nantinya makanan akan lebih cepat matang dan hasilnya sempurna.

2. Cukup Menambahkan 1-2 Sendok Teh Minyak

Berkonsep memasak dengan sangat sedikit minyak, Anda hanya perlu menambahkan minyak sebanyak 1-2 sendok teh saja. Minyak ini bisa disemprotkan ke panci air fryer kemudian ke permukaan makanan secara merata. Tujuan dari minyak selain mempercepat makanan matang juga mencegah makan saling menempel.

3. Jangan Masukkan Bahan Makanan Berlebihan

Kapasitas air fryer terbatas, oleh karena itu Anda harus membatasi jumlah makanan yang dimasukkan. Sesuaikan dengan kapasitas yang disediakan sehingga makanan pun cepat matang dengan baik.

4. Balik Makanan Beberapa Kali

Jika Anda ingin menggoreng ayam atau bahan makanan yang berat maka jangan lupa untuk dibalik beberapa kali. Membaliknya akan membuat makanan matang merata dan menjadi awet.

5. Mengalasi dengan Aluminium Foil

Apabila Anda ingin menjaga agar panci air fryer tetap bersih maka gunakan alumunium foil sebagai alas. Selain itu adanya alat ini juga memudahkan Anda untuk meletakkan bahan makanan secara merata.

6. Pilih Program yang Sesuai dengan Masakan

Air fryer dilengkapi dengan program seperti untuk menggoreng, memanaskan, memanggang dan lainnya. Setiap program sudah disesuaikan dengan waktu memasak yang tepat bahkan suhunya. Anda tinggal sesuaikan saja program ini dengan jenis masakan yang akan dibuat.

7. Pastikan Panci Air Fryer dalam Kondisi Bersih

Tepat sebelum menggunakan, Anda harus memastikan bahwa kondisi panci air fryer selalu bersih. Jika kotor panci perlu di lap dengan kain yang kering. Pastikan juga bahwa Anda mencuci panci ini setiap selesai memasak agar kuman dan bakteri tidak tumbuh.

Cara pakai air fryer sebenarnya tidak sulit, apalagi sekarang alat elektronik yang satu ini sudah dilengkapi dengan program memasak yang lengkap. Contohnya saja merk Cuckoo yang punya program untuk memasak dengan dipanggang, digoreng bahkan membuat kuat.

Selain air fryer, cuckoo indonesia juga menyediakan rice cooker yang berkualitas. Produk yang bisa Anda dapatkan di Blibli ini hadir dengan smart algorithm yang bisa menanak nasi lezat dan hangat. Beragam modelnya bisa Anda pilih langsung melalui Blibli dengan fitur-fitur lengkap dan terbaru.

Tinggal kunjungi official store Cuckoo di Blibli dan pilih sendiri mana rice cooker yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Menariknya lagi pembelian di Blibli juga tersedia metode cicilan. Tertarik membeli rice cooker Cuckoo? Kunjungi Blibli sekarang.

  • Bagikan