Kemenkumham Sulsel Gandeng TIKI Makassar dan Bank Mandiri Taspen Sosialisasikan Keahlian Kemandirian

  • Bagikan
Sosialisasi dan Pelatihan Keahlian Kemandirian Usaha bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan memasuki masa purnabakti, di Aula Kanwil Kemenkumham Sulsel, Kamis (26/10).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan gandeng TIKI Makassar dan Bank Mandiri Taspen menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Keahlian Kemandirian Usaha bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan memasuki masa purnabakti, di Aula Kanwil Sulsel, Kamis (26/10).

Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh ASN Kanwil Kemenkumham Sulsel dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sulsel yang akan memasuki pensiun, dan diikuti baik secara langsung maupun daring.

Kegiatan dibuka oleh Analis kepegawaian muda Fitriani. lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber yang terdiri dari Nur Haerani (Rani) dari TIKI Makassar yang menyampaikan terdapat satu program hasil kerjasama Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) dan TIKI yaitu “Agen Kurir Mantap”.

“Agen Kurir Mantap merupakan agen program baru Wirausaha Mantap Sejahtera untuk nasabah yang ingin memulai kegiatan usaha agen ke logistik/jasa pengiriman di wilayah Indonesia yang dibantu dan didukung oleh TIKI.” kata Rani.

Lebih lanjut Rani menjelaskan untuk menjadi Agen Kurir Mantap, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Aktif sebagai Nasabah Mantap;
  2. Memiliki tempat yang luasnya minimal 3 x 5 meter persegi untuk dijadikan tempat usaha Agen Kurir Mantap;
  3. Memperhatikan jarak calon tempat usaha Agen Kurir Mantap dengan TIKI Operasional minimal 29 kilometer;
  4. Tempat harus dekat dengan lokasi kawasan bisnis perumahan/perdagangan demi kelancaran pengiriman barang ke calon tempat usaha Agen Kurir Mantap;
  5. Tempat usaha Agen Kurir Mantap mudah diakses oleh calon konsumen untuk kemudahan pengiriman barang.

Disamping itu, sambung Rani, biaya yang dibutuhkan untuk menjadi Agen Kurir Mantap sebesar 25 Juta Rupiah.

“Untuk dapat bergabung menjadi Agen Kurir Mantap ini, Bapak/Ibu bisa memilih 2 (dua) opsi yaitu Program Tabungan Si Mantap Reward (SMARD) atau Permohonan Kredit. Untuk informasi dan proses pendaftaran lebih lanjut, Bapak/Ibu bisa mendatangi Kantor Cabang Bank Mantap terdekat atau mengisi form aplikasi online yang kami berikan dalam sosialisasi ini,” jelas Rani.

Narasumber kedua, Perwakilan Relationship Officer Pensiun Bank Mantap Elfira mengatakan bagi peserta yang hendak membutuhkan dana untuk menjadi “Agen Kurir Mantap” tersebut dapat mengajukan permohonan dengan cara mendatangi Kantor Cabang Bank Mantap terdekat.

“Kami siap membantu bapak/ibu yang butuh dana untuk ikut program ini karena program ini merupakan penerapan salah satu dari 3 (tiga) Pilar Bank Mantap yaitu Mantap Wirausaha,” jelas Elfira.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak berterima kasih kepada perwakilan dari TIKI Makassar dan Bank Mantap yang telah memberikan sosialisasi dihadapan jajaran ASN yang akan memasuki pensiun.

Liberti berharap agar ASN yang akan memasuki masa pensiun nantinya dapat memiliki bekal serta keahlian mandiri dalam membangun usaha. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Seluruh Pegawai pada Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga Kanwil. (*)

  • Bagikan