Tantangan di Sektor Keuangan Kian Berat, OJK Perkuat Kolaborasi dengan Kejaksaan dan Kepolisian

  • Bagikan
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar, Darwisman

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Tantangan di sektor keuangan saat ini semakin berat terutama di era digitalisasi seperti saat ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar, Darwisman dalam Sosialisasi Tindak Pidana Sektor Jasa Keuangan Kepada Jajaran Kepolisian dan Kejaksaan di Hotel Rinra, Rabu (15/11/2023).

Menurut Darwisman, dalam upaya pengawasan di sektor keuangan, OJK perlu melakukan sinergi dan kolaborasi berbagai pihak utamanya Kejaksaan dan Kepolisian.

"Dalam pelaksanaan tugas kami sangat beririsan dengan aparat penegak hukum baik Kejaksaan maupun Kepolisian. Dalam praktiknya banyak kasus yang berdampak tidak sesuai yang seharusnya. Kerja sama Kepolisian dan Kejaksaan ini telah dilaksanakan diberbagai daerah dan Makassar menjadi kota ke 6," jelasnya.

Darwisman melanjutkan, tantangan sektor keuangan yang semakin berat ini pula menuntut agar bagaimana nantinya penanganan dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Contoh kasus baru seperti kripto dan transaksi online, dimana ini bukan hanya terjadi di Indonesia namun juga antar negara sehingga perlu pemahaman dan penanganan yang tepat terhadap penyimpangan yang terjadi," ujarnya.

"Dan pemahaman yang sama antar OJK, Kepolisian dan Kejaksaan akan mengambil langkah penanganan yang lebih cepat dan efektif yang menghasilkan kepastian hukum," tutupnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan