Golkar Sulsel Tegaskan Tak Jamin 100 Persen Usung Kader di Pilkada

  • Bagikan
Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Marzuki Wadeng. (dok)


MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Sulsel belum menjamin 100 persen kader mereka akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang. Walau saat ini DPP sudah mengeluarkan sejumlah nama-nama terutama ketua DPD Kabupaten/kota mereka.

Sekretaris DPD Golkar Sulsel, Andi Marzuki Wadeng mengatakan jika mereka ingin diusung harus memenangkan partai Golkar di daerah mereka masing-masing. Kalau bisa Golkar mengusung sendiri tanpa koalisi.

“Syaratnya mereka harus menangkan Golkar di daerah mereka masing-masing,” tegas Andi Marzuki Wadeng saat dikonfirmasi harian Rakyat Sulsel.

Mantan anggota DPRD Sulsel ini menyebutkan walau sudah ada disahkan oleh DPP itu baru sebatas bakal calon dan masih memungkinan untuk kader partai lain untuk diusulkan, karena nama-nama tersebut muncul pada saat Golkar ingin melakukan Musyawarah Daerah (Musda) di 24 Kabupaten/Kota.

Mereka semua kata Andi Marzuki ditanyakan kesiapanya untuk bertarung di Pilkada serentak 2024 nanti.

“Jadi salah satu yang kami tanyakan saat uji kelayakan motivasi mereka menjadi ketua Golkar (Kabupaten/kota). Mereka menjawab ingin menjadi bupati. Jadi kami sampaikan harus memenangkan partai Golkar dan memiliki finansial. Makanya kami tidak melakukan penjaringan saat ini,” ucap Andi Marzuki.

Tidak tutup kemungkinan Golkar akan membuka penjaringan jika partai berlambang pohon beringin rindang ini membuka penjaringan, jika ketua DPD Golkar Kabupaten/kota tak mampu memenangkan Golkar di daerah mereka masing-masing.

“Tapi tidak tutup kemungkinan kita membuka penjaringan jika ada orang yang surveinya bagus, pasti kami akan terima, karena kami mau menang (di Pilkada),” ujarnya.

Setelah DPP mengeluarkan nama, kata Andi Marzuki pastinya mereka melakukan pengamatan terhadap kader-kader mereka, apakah layak untuk diusung sebagai kandidat 01 atau hanya sebagai 02.

“Pastinya DPP juga melakukan pengamatan terhadap orang-orang ini (kader mendapatkan rekomendasi). Kalau tidak ada harapan (tak layak diusung) pasti kami akan mencari kandidat lain dan saya kira ini masih cair,” jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan