Bawaslu Makassar Kerahkan Panwascam Awasi Jalan Sehat Capres

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Makassar, Dede Arwinsyah

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar akan menurunkan Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk mengawasi jalan sehat yang akan dilakukan oleh calon Presiden di Jalan Jendral Sudirman Makassar.

Jalan sehat ini akan dilakukan oleh pasangan calon Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang akan berlangsung pada Sabtu (25/11/2023) yang akan dihadiri langsung oleh Gibran.

Pada Ahad (26/11/2023) giliran pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dimana mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut dijadwalkan akan hadir.

"Kami dari Bawaslu Kota Makassar akan mengerahkan Panwaslu kecamatan untuk melakukan pengawasan di pelaksanaan acara tersebut (Jalan sehat)," kata Ketua Bawaslu Kota Makassar, Dede Arwinsyah, Kamis (23/11/2023).

Bahkan pihaknya sudah menyurat ke pantai pelaksanaan jalan sehat calon presiden dan calon wakil presiden. Dimana  memberikan imbauan  kepada para panitia kegiatan untuk sama-sama menjunjung dan menjaga suasana Makassar agar tidak ada pelanggaran pemilu yang terjadi.

"Saya berharap mudah-mudahan seluruh panitia untuk senantiasa menaati aturan yang berlaku," harapnya.

Selain itu Bawaslu Kota Makassar meminta kepada pantian maupun peserta yang hadir agar tidak tidak melakukan kampanye sebelum batas waktu yang ditentukan. Karena kata Dede masa kampanye baru berlangsung pada tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 nanti.

"Ini belum waktunya kampanye pemilihan umum sebagai yang telah diatur oleh perundang-undangan dan kami juga sudah sudah menghimbau agar tidak menggunakan dan menyebarkan yang membuat unsur kampanye," ujarnya.

Tak kalah penting penyelenggara tidak boleh melibatkan pihak-pihak yang dilarang, seperti melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Pejabat negara serta ASN harus menjaga netralitas dan tidak terpengaruh pihak-pihak lain untuk melakukan kegiatan yang keberpihakan kepada salah satu calon (tidak netral)," tutupnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan