Universitas Pepabri Makassar Bersama UNM Sosialisasi dan Pengenalan Program Kosabangsa

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Pepabri (UNPEPABRI) Makassar dan Universitas Negeri Makassar (UNM) telah melaksanakan kegiatan sosialisasi program Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat (Kosabangsa) Tahun 2023. Sosialisasi kegiatan kosabangsa dilaksanakan di aula kantor Desa Laikang. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh kepala Desa Laikang, aparat pemerintah Desa Laikang, LSM Pasir Putih, Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH), Kelompok Ternak Sejahtera Desa Laikang dan Kelompok Tani Desa Laikang.

Sosialisasi dan pengenalan program kosabangsa ditujukan kepada pemerintah dan seluruh masyarakat Desa Laikang tentang bentuk-bentuk kegiatan dan penerapan teknologi tepat guna yang akan diimplementasikan di Desa Laikang melalui program kosabangsa tahun 2023.

Dalam sambutannya Ketua Tim Pelaksana dari UNPEPABRI Makassar Aswar Annas, S.Sos., M.Si. mengatakan bahwa “program kosabangsa yang dilakukan Desa Laikang menyasar dua kelompok mitra sasaran yaitu kelompok ternak dan kelompok petani dengan masing-masing terdapat 2 bentuk intervensi utama pada mitra sasaran yang menjadi permasalahn prioritas, sehingga dengan menyelesaikan masalah tersebut mitra dapat memanfaatkan secara optimal potensi yang dimiliki untuk menunjang kesejahteraan masyarakat dan percepatan pembangunan berkelanjutan SDGs Desa”.

Nursaling Dg Lingka sebagai Kepala Desa Laikang juga sangat mengapresiasi dan menerima dengan baik program kolaborasi UNPEPABRI Makassar dan UNM Makassar.

“Pemerintah dan masyarakat Desa Laikang sangat mengapresiasi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh dua kampus ini, karena dapat memberikan contoh pengolahan SDA dan potensi lokal melalui teknologi tepat guna yang juga kedepan dapat dilanjutkan dan diprogramkan oleh pemerintah Desa Laikang,” ujarnya.

Tim Pelaksana Universitas Negeri Makassar yang diwakili Oleh Prof. Dr. Ir. Nurlita Pertiwi, M.T. juga mengatakan bahwa kegiatan dan teknologi yang akan diterapkan di Desa Laikang melalui program kosabangsa adalah model pemberdayaan dan penerapan teknologi yang dapat diduplikasi oleh pemerintah dan masyarakat Desa Laikang untuk memaksimalkan potensi dan memandirikan masyarakat dalam pengelolaan limbah ternak, potensi lahan dan limbah pertanian menjadi  produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. (*)

  • Bagikan