Pj Gubernur Minta Inspektorat Tak Hanya Fokus Audit Keuangan Daerah

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dan Kepala Inspektorat Sulsel, Marwan Mansur memberikan penjelasan kepada awak media saat dilakukan wawancara di Hotel Claro Makassar, Jumat (1/12/2023). (Foto: Abu Hamzah)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menekan Inspektorat untuk lebih aktif lagi melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap OPD. 

Kata dia, Inspektorat mestinya tak hanya fokus pada audit keuangan daerah, pun terhadap pengawasan aplikasi dari peraturan daerah dan peraturan gubernur. 

Bahkan kata dia, seyogyanya inspektorat dapat menelisik satu persatu terhadap kebijakan yang telah ditetapkan  pemerintah, baik yang tengah berjalan pun jika ada yang tidak berjalan. 

"Inspektorat jangan hanya aktif memeriksa  keuangan daerah saja, mesti juga lebih aktif lagi melakukan pengawasan terhadap penerapan Perda dan Pergub," cetus Bahtiar saat memberikan sambutan pada rapat Koordinasi Pengawasan Pemerintah Daerah di Hotel Claro, Jumat (1/12/2023).

Ia mengutarakan, setiap OPD masing-masing pemerintah daerah mesti memiliki sinergi dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Inspektorat.

Ia mengutarakan, keterlibatan Aparat pengawasan Intern Pemerintah dalam segala hal terkait dengan program pemerintah, baik penyusunan pun sampai pada evaluasi perlu dilakukan akan pelaksanaannya lebih terarah dalam hal pertanggungjawaban program tersebut.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Sulsel, Marwan Mansur menyampaikan bahwa Rakor yang tergelar itu diikuti oleh pemerintah daerah se-Sulsel.

  • Bagikan