2024, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Pinrang Target Tingkatkan Komoditi Tanaman

  • Bagikan
Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Pinrang Target Tingkatkan Komoditi Tanaman

PINRANG, RAKYATSULSEL - Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Pinrang memaparkan program tahun 2024. Apa yang diprogramkan tahun depan masih melanjutkan program tahun sebelumnya.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bagian Perencanaan, Suardi mewakili Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Pinrang. Suardi menuturkan, untuk program strategis Tanaman Pangan dan Holtikultura dengan melakukan pendampingan bagaimana meningkatkan produksi tanaman pangan dan meningkatkan komoditi tanaman holtikultura.

"Untuk memperoleh hasil maksimal dari kedua program tersebut, harus didukung oleh dua bidang yaitu bidang sarana dan prasarana pertanian dan bidang penyuluhan," kata dia, Senin (4/12/2023).

Di Bidang Sarana dan Prasarana pertanian, lanjut dia, bagaimana memprioritaskan peningkatkan atau perbaikan Infrastruktur pertanian seperti jalan tani, jaringan irigasi dan juga irigasi perpompaan. Irigasi perpompaan dilakukan dalam rangka mengantisipasi terjadinya fenomena alam seperti saat ini, kemarau panjang ataupun banjir.

"Irigasi perpompaan yang dimaksud seperti irigasi air permukaan dan irigasi air tanah," kata Suardi.

Sementara di bidang penyuluhan, bagaimana meningkatkan kapasitas intelektual petani dalam meningkatan produksi berbudidaya tanaman Pangan dan holtikultura.

"Bagaimana melakukan penyuluhan kepada petani dalam menghadapi organisme penggangu tanaman seperti hama tikus, hama wereng dan lainnya, juga memberikan mitigasi jika terjadi kekeringan dan jika terjadi curah hujan tinggi," tutupnya. (Amran Afandi)

  • Bagikan