Supriadi Gelar Promosi Doktor Di Prodi Bahasa Indonesia Pasca Sarjana UNM

  • Bagikan
Supriadi S.Pd., M.Pd meraih gelar Doktor pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Supriadi S.Pd., M.Pd meraih gelar Doktor pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin (11/12/2023).

Mengembangkan penelitian berjudul "Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbasis Wacana Kritis untuk Menumbuhkan Karakter Nasionalisme Mahasiswa Di Perguruan Tinggi," Supriadi sukses mempertahankan gagasan dalam penelitiannya di depan dua orang penguji yakni Prof. Dr. Syukur Saud M.Pd dan Prof. Dr Muh Rafi, M.S. Dirinya berhasil menyelesaikan penelitian dalam kurun waktu empat tahun.

Supriadi menjelaskan, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe bahan ajar menulis berbasis Wacana Kritis untuk Menumbuhkan Karakter Nasionalisme Mahasiswa di perguruan tinggi, membuktikan kevalidan, kepraktisan dan keefisienan, kepraktisan bahan ajar menulis berbasis Wacana Kritis untuk Menumbuhkan Karakter Nasionalisme Mahasiswa di perguruan tinggi.

"Penelitian ini bisa menjadi acuan dalam mengembangkan bahan belajar mahasiswa, juga untuk membangun rasa nasionalisme mahasiswa," Ujar Supriadi dalam promosi doktornya di Ruang AD Lantai 5 Ruang PPs UNM.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dosen dan mahasiswa membutuhkan prototipe bahan ajar berbasis Wacana Kritis untuk Menumbuhkan rasa nasionalisme. Komponen bahan ajar berbasis kritis juga terbukti valid dan praktis serta efektif.

Ke depan Supriadi berencana mengembangkan penelitiannya sehingga dapat dimanfaatkan di dunia pendidikan dalam lingkup lebih luas.

"Untuk emengembangkan keilmuan saya, maka penelitian ini akan dikembangkan lembaga consultan menulis," Tulisnya .

  • Bagikan