Tim Capres di Sulsel Harap Debat Perdana Naikkan Elektoral

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah  menjadwalkan debat capres-cawapres 2024 akan dimulai pada besok, Selasa 12 Desember 2023.

Debat perdana bertajuk "Pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga".

Debat Calon presiden dan cawapres diikuti Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik mengatakan bahwa lokasi penyelenggaraan debat capres dan cawapres perdana akan digelar di Kantor KPU RI. Begitu pun debat yang terakhir.

Idham juga menjelaskan bahwa format debat tetap sama sesuai dengan peraturan yang berlaku. Yakni tiga debat calon presiden dan dua debat calon wakil presiden

"Kami sesuikan regulasi, dimana tiga debat calon presiden dan dua debat calon wakil presiden itu ada dalam penjelasan PKPU dan UU," jelas Idham, Senin (11/12/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah memilih 11 panelis dengan latar belakang keahlian masing-masing. Mereka diundang dari berbagai universitas ternama.

Debat ini berdurasi 150 menit dengan rincian 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk jeda iklan. Iklan yang disiarkan adalah iklan layanan masyarakat yang disiapkan oleh KPU.

  • Bagikan