Asratillah Sarankan Parpol Non Parlemen Lebih Baik Fokus Lolos Ambang Batas

  • Bagikan
Direktur Profetik Institute, Muh Asratillah

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Direktur Politik Profetik Institute, Asratillah mengatakan secara pribadi mending partai non-parlemen fokus pada perolehan kursi di DPR-RI.

Saat ini Partai non parlemen lain sudah menentukan dukungan seperti Partai Ummat memberikan dukungan kepada pasangan nomor urut 1 Anies-Muhaimin, Partai Gelora, Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Garuda nomor urut 2 Prabowo-Gibran, Partai Hanura bersama Perindo nomor urut 3 Ganjar-Mahfud.

"Kalaupun mereka masuk dalam koalisi pencapresan, hal itu dilakukan untuk menunjang kerja-kerja mendudukkan caleg pusat mereka," katanya.

Untuk meloloskan partai di parlemen, mereka mesti mendapatkan suara nasional paling sedikit 4 persen dari suara nasional, atau mendudukkan caleg pusatnya paling sedikit sekitar 26 atau 27 orang.

"Hal ini tentu tidak gampang, karena mempersyaratkan rapinya mesin partai hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan," ujarnya.

Dirinya menyebutkan partai non parlemen mesti fokus mensinkronisasi gerak mesin partai, mulai dari pengurus pusat, provinsi, kab/kota, Kecamatan hingga TPS.

"Karena yang seringkali membuat partai tidak lolos PT karena caleg daerah tidak serius turut membantu caleg pusat untuk mencari suara," tuturnya.

Selain itu partai non parlemen mesti memastikan agar semua calegnya yang ada dalam DCT bergerak mencari suara, turun ke bawah. "Bersentuhan dengan masyarakat, dan menjalankan segala bentuk program partai," jelanya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan