Danny Pomanto Terpilih Jadi Dewan Pengawas APEKSI

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto (Dok)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Presiden RI Joko Widodo membuka kegiatan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) 2023 yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Puri Begawan, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023).

Dengan mengusung tema "Konsistensi di Masa Transisi", Musnalub 2023 ini berlangsung selama dua hari mulai 14 hingga 15 Desember di Kota Bogor, Jawa Barat.

Presiden RI Jokowi, sapaan akrabnya menekankan pentingnya perencanaan besar bagi setiap kota. Di mana, desain kota sudah harus dipersiapan mulai dari sekarang yang sesuai dengan keunggulan masing-masing kota.

"Setiap kota harus memikiki rencana kotanya masing-masing, sesuai dengan keunggulan masing-masing, memiliki desain arsitektur kota, dan detail engineering design," ungkap Jokowi.

Pada Musnalub APEKSI 2023 ini dirangkaikan dengan Pemilihan Ketua APEKSI masa transisi sampai tahun 2025 yakni Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dia menggantikan posisi wali Kota Bogor, Bima Arya sebagai Ketua Apeksi periode 2023-2025.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto terpilih menjadi Dewan Pengawas pengurus transisi.

Kepala Bagian Kerjasama, Andi Zulfitra Dianta, mewakili Wali Kota Makassar, menyatakan kehadiran Makassar di Munaslub memberikan gambaran tentang potensi dan capaian yang dapat ditindaklanjuti.

Ia juga menyoroti kesuksesan Rakernas APEKSI di Makassar bulan Juli lalu yang mendapat apresiasi yang tinggi dari Ketua APEKSI Bima Arya.

"Ketua APEKSI dimana gelaran tersebut berlangsung meriah dan menunjukkan sinergi yang baik dan kolaborasi yang harmoni oleh seluruh kota yang ada di Indonesia," ungkap Andi Zulfitra.

Untuk kota Makassar sendiri, di bawah kepemimpinan Moh Ramdhan Pomanto telah melakukan berbagai inovasi, terobosan, penguatan bidang teknologi, serta mempertahankan kearifan dan budaya lokal.

"Makassar sombere and smart city, dengan visi misi yang telah dilakukan, memberikan gambaran akan seperti apa kota Makassar ke depan, sosok visioner Wali Kota Makassar, tentunya akan mampu menjawab tantangan dunia, terlihat dari capaian dan prestasi yang telah diraih selama ini," ujarnya.

APEKSI, menjadi wadah untuk memperjuangkan kebijakan dan anggaran yang mendukung pembangunan dan pelayanan publik di tingkat kota, sehingga suara dan aspirasi pemerintah kota dapat didengar dan diperhatikan oleh pusat.

Diketahui, Munaslub telah disampaikan pada Rakernas XVI APEKSI 2023 di Kota Makassar dan disepakati pada Rapat Pengurus pada 4 Oktober 2023 di Kota Ternate dalam rangkaian Sarasehan Istri Walikota 2023. (Shasa/B)

  • Bagikan