Habiskan Rp56 Miliar, Jembatan Pacongkang Akhirnya Rampung

  • Bagikan
Kondisi Jembatan Pacongkang setelah selesai dikerjakan, di Kecamtan Citta-Soppeng.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Sulsel telah merampungkan pengerjaan jembatan Pacongkang di Kabupaten Soppeng.

Diketahui, jembatan Pacongkang merupakan salah satu jembatan yang menghubungkan Kabupaten Soppeng dan Bone yang melintas di Sungai Walanae, Kecamatan Citta-Soppeng.

Kepala Bidang Preservasi dan Pembangunan Jembatan Dinas BMBK Sulsel, Rosyadi menjelaskan jembatan Pacongkang merupakan jalur dengan rata-rata lalu lintas harian tinggi (LHR).

Kata dia, untuk proyek pengerjaan jalan itu memiliki nilai kontrak sebesar Rp56 miliar dengan panjang jalan 128 meter. Panjang bentangan kiri dan kanan jembatan (rangka yang melengkung) masing-masing 25 meter, dengan lebar 7 meter. Jembatan ini juga dilengkapi trotoar dengan lebar masing-masing 1 meter.

Ia menuturkan, jembatan ini juga dikenal dengan jembatan pelengkung baja terpanjang yang ada di Sulawesi Selatan. Penggunaan baja pelengkung untuk jembatan dengan bentang panjang untuk menghindari penggunaan pier di tengah jembatan.

"Penggunaan pier di tengah jembatan bisa menghalangi benda hanyutan di sungai, sehingga tidak terjadi penumpukan," jelasnya, Selasa, (19/12/2023).

Ia menyampaikan, jembatan Pacongkang yang baru saja selesai itu, berdampingan dengan jembatan kayu (jembatan gantung kayu) yang dibagun sejak 1993 lalu, secara usia sudah rentan roboh ketika menjadi tumpuan utama masyarakat dalam mobilitas.

Bahkan kata dia, keamanan pada jembatan itu juga terbilang maju, pasalnya jembatan itu juga sudah dilengkapi dengan sistem konstruksi yang tahan terhadap gempa. secara tampilan bisa menjadi tempat swaphoto bagi pejalan yang melintas. (Abu/B)

  • Bagikan