Wartawan Luwu Raya Deklarasi Jurnalis Lingkar Tambang Indonesia

  • Bagikan
Wartawan di Luwu Raya, Deklarasi pembentukan Jurnalis Lingkar Tambang dan Smelter Indonesia di Cafe Nine Room, Kota Palopo, Sabtu, (30/12/2023).

PALOPO, RAKYATSULSEL - Sejumlah wartawan di Luwu Raya, sepakat membentuk organisasi bernama Jurnalis Lingkar Tambang dan Smelter Indonesia di Cafe Nine Room, Jalan Andi Mappayompa, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Sabtu, (30/12/2023).

Organisasi ini dideklarasikan Jurnalis Kompas TV Amran,  Jurnalis Koran Sindo Chaeruddin, Jurnalis Harian FAJAR Syahruddin, Jurnalis Luwurayaonline Andi Alamsyah, Jurnalis Layar News Haerul Nasir, dan Jurnalis TVRI Jours Irsal.

Pembentukan organisasi ini untuk menghimpun  jurnalis yang bergabung dalam Jurnalis Lingkar Tambang dan Smelter Indonesia, bertujuan meningkatkan sumber daya manusia bidang tambang.

"Kita ingin agar para jurnalis di sekitar lingkar tambang dan smelter di Indonesia, khususnya Luwu Raya, memahami tentang tambang, dan smelter terkait isu lingkungan,"kata Ketua Jurnalis Lingkar Tambang dan Smelter Indonesia, Chaeruddin kepada Rakyat Sulsel.

Pemahaman jurnalis di Tana Luwu tentang tambang dan isu lingkungan perlu ditingkatkan. Supaya mereka dapat menulis berita tentang tambang, terutama untuk memperlihatkan pertambangan berkelanjutan.

Sekretaris Jurnalis Lingkar Tambang dan Smelter Indonesia, Syahruddin mengatakan, organisasi ini untuk mewadahi jurnalis yang ingin menulis tentang jurnalis tambang. 

"Persoalan tambang dan smelter sangat kompleks," kata Syahruddin. Tana Luwu ini sudah menjadi daerah industri dan pertambangan sehingga wawasan jurnalis perlu ditingkatkan.

Pengurus Jurnalis Lingkar Tambang dan Smelter Indonesia:

Penasehat : Irwan Musa, Andri Islamuddin
Ketua Umum : Chaeruddin
Sekretaris : Syahruddin
Bendahara : Amran Amir.

Anggota :
1. Andi Alamsyah
2. Jors Irsal
3. Haerul Nasir
4. Haswadi Tambora
5. Irfan Khaerudin
6. Hamka Andi Tadda
7. Arif Rusbi
8. Rindu
9. Arwin
10. Desi Arsyad.

(Irwan)

  • Bagikan