Pisang Cavendish Pemprov Terus Tumbuh, Pj Gubernur: Insya Allah Bisa jadi Komoditi Andalan Sulsel

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat memantau pertumbuhan tanaman pisang Cavendish di Bone, Jumat (12/1/2024).

BONE, RAKYATSULSEL - Tanaman harapan pendongkrak perekonomian masyarakat Pisang “Cavendish” terus bertambah tinggi sejak ditanamnya. 

Di Bone, Pj Gubernur Sulsel memantau lahan pisang yang rencananya akan diproduksi dalam skala bisnis di Sulsel. 

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyampaikan program prioritas Pemprov Sulsel itu diharapkan dapat segera menjajal pasar besar untuk mencipta lapangan pekerjaan baru. 

Kata dia, usia rata-rata tanaman pisang cavendish itu baru menginjak usia tiga sejak ditanam pada bulan Oktober 2023 lalu. 

Ia mengaskan, Pemprov Sulsel tentu tak kendor galakkan realisasi Program Prioritas itu. Apalagi, lanjut Bahtiar beberapa pembeli dari luar negeri juga sudah melirik hortikultura yang lagi gencar digarapnya itu. 

“Ada beberapa perusahaan yang mengajukan minat membeli hasil pisang Cavendish,” bebernya kepada awak media saat dilakukan wawancara, Jumat (12/1/2024).

Ia bahkan kata dia, baru-baru ini beberapa investor asing mengajukan kerjasama, hanya saja belum mampu dijawab Bahtiar, sebab perkiraan hasil dari  lahan dan bibit yang sedang digarap belum mampu memenuhi kebutuhan para calon pembeli itu. 

“Minggu lalu saja sudah datang pengusaha lokal yang eksportir China minta 500 kontainer tiap minggu, itu sama dengan 400 hektar. Kalau di sini ada 400 hektar itu hanya seminggu habis,” ulasnya. 

  • Bagikan