Menegakkan Kedaulatan Lingkungan Hidup

  • Bagikan

Oleh: M ASRI ARIEF
Alumni PSL dan Pemerhati Lingkungan Hidup

RAKYATSULSEL - Bangsa Indonesia bercita-cita untuk membangun manusia Indonesia secara menyeluruh, serta memajukan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan sosial ekonomi yang komprehensif.

Kebijakan pembangunan masyarakat Indonesia ini menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara manusia dan alam sebagai konsekuensi dari keberagaman sumber daya alam dan ekosistem yang harmonis. Dalam ranah budaya manusia, terdapat tiga tingkat hubungan dengan alam.

Pertama, manusia merasa tunduk pada alam, menganggapnya kejam dan sebagai penyebab berbagai bencana. Kedua, manusia berusaha menyelaraskan diri dengan alam, memperkirakan perubahan-perubahan alam melalui pengetahuan yang dimiliki.

Ketiga, manusia berupaya menguasai alam, dengan memanfaatkan sifat-sifatnya untuk kepentingan manusia.

Konsep Kedaulatan
Konsep kedaulatan, yang sering dikaitkan dengan kekuasaan tertinggi, telah berkembang dalam sejarah. Dalam perkembangannya, konsep lama kadang terlupakan dan kemudian muncul kembali ketika konsep baru diragukan.

Dalam sejarah manusia, ada lima doktrin kedaulatan: Kedaulatan Tuhan, Kedaulatan Raja, Kedaulatan Hukum, Kedaulatan Rakyat, dan Kedaulatan Negara.

  • Bagikan