Preview Napoli vs Barcelona: Taruhan di Lapangan Hijau

  • Bagikan
La Liga 2023/2024: Jorgen Strand Larsen dikepung Frenkie de Jong (kiri) dan Pedri dalam laga Celta vs Barcelona di pekan 25 (c) AP Photo/Lalo R. Villar

NAPLES, RAKYATSULSEL —Napoli secara mendadak mengganti pelatih jelang leg pertama babak 16 besar Liga Champions kontra Barcelona. Ini perjudian besar bagi Partenopei, Julukan Napoli.

Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis mengumumkan pemecatan Walter Mazzarri sekaligus penunjukan Francesco Calzona sebagai pelatih baru lewat X pada Senin waktu Italia.

Itu adalah keputusan yang tak lazim. Biasanya, klub membuat keputusan soal perubahan manajerial tim sebelum jeda internasional atau ketika jadwal pertandingan dianggap lebih enteng.

Pemilihan waktu itu dimaksudkan agar pelatih baru punya waktu yang cukup untuk memberikan sentuhan pada timnya sebelum melakoni debut. Sedangkan untuk alasan jadwal, itu dimaksudkan agar pelatih baru bisa meraih hasil positif sebagai pembangkit spirit tim.

Dalam kasus Napoli, dua alasan itu dikesampingkan. Bukan hanya penggantian yang tiba-tiba, namun pelatih baru juga langsung dihadapkan pada pertandingan besar, yakni melawan Barcelona.

Tapi hasil imbang 1-1 yang memalukan melawan Genoa tampaknya sudah menjadi puncak kekecewaan Aurelio De Laurentiis. Dalam wawancara dengan Di Marzio, ia menegaskan ini saat yang tepat untuk perubahan.

“Kita juga harus mempertimbangkan bahwa sesuatu yang lebih harus diberikan kepada para pendukung Napoli,” tegasnya dikutip dari Barca Blaugranes.

Sang presiden meyakini keputusannya tepat. Bagi dia, Calzona sudah paham luar dalam soal Napoli karena sempat mendampingi Maurizio Sarri sebagai asisten pelatih.

“Sekarang mari kita coba dengan Calzona yang pernah bekerja dengan Sarri dan Spalletti dan mengenal 80% pemainnya. Mari kita beri dia bantuan tanpa menghalanginya karena kita tahu akan sulit mempersiapkan pertandingan melawan Barcelona,” tegasnya.

Kapten Napoli, Giovanni Di Lorenzo sementara itu mengatakan yang perlu melakukan lakukan saat ini hanya fokus pada pertandingan dan mencoba untuk bangkit kembali di Estadion Diego Armando Maradona.

“Sekarang kami punya Liga Champions dan ini adalah kompetisi yang fantastis untuk diikuti. Kami akan menghadapinya dengan sepenuh hati dan berusaha menampilkan performa yang hebat. Jika kami tampil baik, kami punya setiap peluang,” ujarnya di situs Napoli.

Cyril Ngonge juga mengirim pesan optimisme. “Kami mengerahkan segalanya, bekerja sangat keras dalam latihan. Ruang ganti bersatu. Kami memiliki Liga Champions yang dinanti-nantikan dan kami ingin menampilkan performa hebat, juga untuk para penggemar kami,” katanya.

Di kubu Barca, mereka tidak akan berpikir laga ini bakal lebih mudah dengan penggantian pelatih Napoli. Makanya,, bek Barca, Ronald Araujo mengingatkan timnya harus lebih siap bertarung.

“Kami akan bermain di Liga Champions. Kami ingin memenanginya dan kami tahu pentingnya hal itu. Ini pertandingan penting. Energinya tinggi," tegasnua di Marca.

Robert Lewandowski yang memborong gol Barca dalam kemenangan 2-1 di markas Celta Vigo pada akhir pekan menambahkan, menghadapi Napoli, mereka harus menyerang dan bertahan dengan sama bagusnya.

"Saya pikir di Liga Champions kami bisa melakukannya lebih baik. Di Naples kami harus bermain 90 menit dengan baik dalam bertahan dan menyerang," jelasnya.

Xavi Hernandez sendiri menegaskan pentingnya konsentrasi penuh. “Yang harus dilakukan adalah tidak kebobolan. Sekarang saatnya memikirkan tentang Liga Champions. Saya memiliki perasaan yang baik. Semuanya membutuhkan pengorbanan, dan terlebih lagi saat tandang,” tandasnya.

Barca sudah bisa menyambut kembali Joao Felix yang musim ini sudah mencetak tujuh gol dan lima assist. Sang penyerang sudah ikut serta dalam sesi latihan setelah pulih dari masalah masalah ligamen.

Namun, Alejandro Balde, Gavi, Ferran Torres, Marcos Alonso dan Sergi Roberto dipastikan masih absen. Napoli sementara itu tidak punya masalah cedera sehingga mereka bisa menurunkan kekuatan terbaik. Termasuk Victor Osimhen yang baru pulang dari Piala Afrika.

Napoli dan Barca bertemu terakhir kali 2022 silam di Liga Europa. Saat itu, Barca menyingkirkan Napoli setelah menang 4-2 di Naples dan bermain imbang 1-1 di Camp Nou.

Tuan rumah musim ini bertemu wakil Spanyol, Real Madrid di babak penyisihan grup. Mereka kalah 2-3 di kandang dan takluk 2-4 di Spanyol. Sedangkan Barcelona, mereka terakhir kali menghadapi tim Serie A di babak penyisihan grup musim lalu, kalah 1-0 di markas Inter Milan sebelum bermain imbang 3-3 di kandang. (amr)

Prakiraan pemain

Napoli (4-3-3): Meret; Di Lorenzo, Ostigård, Rrahmani, Mazzocchi; Zambo Anguissa, Lobotka, Cajuste; Politano, Osimhen, Kvaratskhelia

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Koundé, Ronald Araújo, Iñigo Martínez, João Cancelo; De Jong, Christensen, Gündoğan; Yamal, Lewandowski, Pedri

Head to head

24-02-2022 Napoli 2-4 Barcelona

17/02/22 Barcelona 1-1 Napoli

08/08/20 Barcelona 3-1 Napoli

25/02/20 Napoli 1-1 Barcelona

10/08/19 Barcelona 4-0 Napoli

08/08/19 Barcelona 2-1 Napol

Lima pertandingan terakhir Napoli

23/01/24 Napoli 0 - 1 Inter Milan

29/01/24 Lazio 0 - 0 Napoli

04/02/24 Napoli 2 - 1 Hellas Verona

12/02/24 AC Milan 1 - 0 Napoli

17/02/24 Napoli 1 - 1 Genoa

Lima pertandingan terakhir Barcelona

28/01/24 Barcelona 3 - 5 Villarreal

01/02/24 Barcelona 1 - 0 Osasuna

04/02/24 Deportivo Alavés 1 - 3 Barcelona

12/02/24 Barcelona 3 - 3 Granada

18/02/24 Celta Vigo 1 - 2 Barcelona (fjr/raksul)

  • Bagikan