Didampingi Wali Kota Makassar, Presiden Jokowi Resmikan IPAL Losari

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL Losari) Kelurahan Maccini Sombala, KecamatanTamalate, Kota Makassar, Kamis (22/2/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ditemani oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto, Presiden Joko Widodo meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, pada Kamis (22/2/2024).

Presiden RI, Joko Widodo, didampingi oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto, dan Pj. Gubernur Bahtiar Bahrudin, melakukan peresmian Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T LOSARI).

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menekankan pentingnya sistem pengelolaan air limbah domestik ini untuk menjaga lingkungan.

"IPAL Losari dibangun dari tahun 2019 hingga 2023 dengan anggaran mencapai Rp1,3 Triliun dan memiliki kapasitas 16 ribu meter kubik per hari," kata Jokowi di Makassar.

Beliau menambahkan bahwa dengan adanya sistem pengelolaan limbah domestik yang lebih baik, kualitas air baku akan semakin meningkat, dan masyarakat akan menjadi lebih sehat dan produktif.

"Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T LOSARI) ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat di Sulsel," ujarnya.

Setelah peresmian, sekitar pukul 08.20 WITA, Presiden Joko Widodo dan rombongan meninggalkan IPAL Losari menuju New Port Makassar.

Rombongan Presiden terdiri dari Erick Thohir (Menteri BUMN), Mayjen TNI Rudy Saladin (Sekretaris Militer Presiden), Mayjen TNI Achiruddin (Komandan Paspampres), M. Yusuf Permana (Plh. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden), R. Erlin Suastini (Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden), Muhammad Haris Perdana (Asisten Sekretaris Pribadi Presiden), Pradista Machdala Putra (Asisten Sekretaris Pribadi Presiden), dan Kolonel Inf. Wimoko (Dan Grup A Paspampres). (Yadi/B)

  • Bagikan