Resmi Beroperasi, IPAL Losari Makassar jadi Pengolahan Air Limbah Terbesar di Indonesia Timur

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL Losari) Kelurahan Maccini Sombala, KecamatanTamalate, Kota Makassar, Kamis (22/2/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari Makassar yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi merupakan pengolahan air limbah terbesar di Indonesia timur.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Cipta Karya, Diana Kusumastuti saat dilakukan wawancara, Kamis (22/2/2024).

“Iya memang ini adalah instalasi pengolahan air limbah terpusat yang paling besar di bagian timur, “ tuturnya.

Ia melanjutkan, hasil olahan air limbah di Ipal Losari Makassar diharapkan mampu menjadi solusi untuk penggunaan air yang bijak, pasalnya limbah sudah diolah dengan baik dan tidak berbahaya.

Namun, kata dia hasil olahannya tidak dapat digunakan sebagai air konsumsi untuk masyarakat.

“Tidak ada bau jernih kemudian kalau dibuang di sungai atau ke kanan itu tidak mengotori dan di sini kan banyak perumahan airnya kan tidak bau, tapi jangan diminum,” jelasnya.

Menurutnya, untuk kota besar sendiri patutnya sudah memiliki pengolahan air limbah. “Di kota-kota yang metropolitan kota besar seharusnya punya seperti ini, “ imbuhnya.

Ia membeberkan, saat ini pembangunan IPAL juga disiapkan di beberapa wilayah indonesia.

“Ada beberapa untuk pengolahan seperti ini ya kita sedang siapkan untuk di Mataram kemudian di Pontianak kemudian di Semarang dan masih banyak lagi, “ sebutnya. (Abu/B)

  • Bagikan