Pj. Bupati Sinjai Beberkan Capaian Program Prioritas Pada Puncak HJS Ke-460

  • Bagikan
Pj. Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Jadi Sinjai ke-460 di Halaman Rujab Bupati.

SINJAI, RAKYATSULSEL- Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawa komando Pj. Bupati, T. R Fahsul Falah memiliki delapan program Prioritas yang saat ini telah terealisasi.

Capaian program prioritas tersebut bahkan dibeberkan Pj. Bupati kepada segenap undangan pada Puncak Peringatan Hari Jadi Sinjai (HJS) ke 460 di Halaman Rujab Bupati, Selasa, (27/2).

Menurut T.R Fahsul prioritas pertama saat menjabat Bupati bertekad untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024 agar kiranya dapat berlangsung secara luber, jurdil, lancar aman dan damai.

"Alhamdulillah, baru saja kita telah selesai menyelenggarakan pemilihan presiden dan legilatif. Terlepas dari segala dinamikanya, kita patut bersyukur bahwa semua proses dapat berjalan aman dan kondusif. Dan insya’allah, kedepannya kondisi ini akan selalu kita jaga hingga pelaksanaan pilkada,"ujarnya.

Lanjut, Sebagai upaya menjaga stabilitas perekonomian dan daya beli masyarakat serta menjaga ketahanan pangan, pihaknya juga memprioritaskan untuk melaksanakan pengendalian inflasi, bersama seluruh jajaran terkait secara rutin kami melakukan pemantauan dan pengendalian ketersedian dan perkembangan harga kebutuhan bahan pangan, menyelenggarakan beberapa kali pasar murah dan pasar tani berkah. Tercatat bahwa inflasi di Kabupaten Sinjai periode Desember 2023 adalah sebesar 2,84persen dan awal Tahun 2024 pada posisi 2,31persen.

Upaya penurunan angka stunting terus dilaksanakan dengan berbagai kegiatan antara lain pemberian makanan tambahan balita di Posyandu dan anak sekolah PAUD, Pemberian makanan tambahan dan vitamin untuk ibu hamil, pemantauan dan pendampingan Ibu Hamil dengan Gangguan Kekurangan Energi Kronis (KEK), budidaya ikan di dalam ember untuk keluarga dengan anak Stunting serta melakukan sosialisasi cegah stunting di seluruh desa kelurahan.

Prioritas untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat juga terus dikedepankan. Patut disyukuri bahwa kita sudah memiliki Mall Pelayanan Publik yang sudah berjalan efektif dalam 5 bulan terakhir. Upaya meningkatkan kualitas layanan juga dilakukan dengan memperbaharui dan melengkapi SOP yang lebih transparan, cepat dan adil dalam memberikan pelayanan.

"Hari ini kita akan sama-sama menyaksikan peresmian Mall Pelayan Publik Elektronik (MPPE) sebagai upaya meningkatkan kemudahan masyarakat mengakses pelayanan digital dari gadget di tangan masing-masing,"beber Pj.
Bupati.

Selain itu, jelas Pj. Bupati, T.R Fahsul isu utama yang juga sedang berupaya diatasi pemerintah adalah kemiskinan ekstrim. Berbagai upaya yang telah dilakukan seperti Program Keluarga Harapan dan pemberian Bantuan Langsung Tunai, memberikan pelatihan dan penempatan tenaga kerja, padat karya tunai desa, pengembangan UMKM dan bedah rumah yang kesemuanya difokuskan pada masyarakat yang teridentifikasi dalam data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem (P3KE).

Sementara, dalam tata laksana pemerintahan, kita terus berupaya mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Saat ini, dalam persuratan kita telah semakin terbiasa dengan menggunakan persuratan digital yang memangkas waktu pembuatan, verifikasi, penandatangan hingga distribusi surat.

Begitu pula dengan proses perencanaan, penganggaran maupun tata laksana keuangan serta pengukuran kinerja, kita juga telah mampu ikut menyesuaikan diri dengan penggunaan berbagai aplikasi yang disiapkan oleh pemerintah. Dari upaya-upaya ini kita berhasil meningkatkan indeks SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) kita dari 2,07 di Tahun 2022 menjadi 2,67 di Tahun 2023.

"Terkait Program ketahanan dan kedaulatan pangan sejalan dengan prioritas Bapak Penjabat Gubernur, Kabupaten Sinjai Alhamdulillah menjadi bagian dari program pengembangan Pisang Cavendish, Sukun, Nenas dan Durian serta program pengembangan Sapi melalui upaya Inseminasi Buatan (IB),"jelasnya.

Sementara, upaya menciptakan keamanan, ketentraman dan ketertiban umum, bersama seluruh jajaran Forkopimda, pihaknya terus menjaga agar stabilitas daerah tidak terganggu oleh perpecahan dan konflik dengan terus menjalin komunikasi dan koordinasi serta membangun kebersamaan antar semua lini.

Atas semua capaian itu, T.R pun berterima kasih kepada seluruh warga Sinjai, dan doa terbaik untuk Bapak Penjabat Gubernur agar senantiasa diberikan bimbingan dari Allah SWT dalam memberikan pengabdian terbaiknya untuk Sulawesi Selatan.

"Tak lupa pula kami menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Sinjai dan Forkopimda, Para Pimpinan Instansi Vertikal, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai bersama anggota dan semua pihak atas doa dan dukungan serta partisipasinya dalam mensukseskan pembangunan daerah ini,"ucapnya. (Adv).

  • Bagikan