Pembangunan Stadion Bakal Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Ini Kata Pengamat

  • Bagikan
GOR Sudiang (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin menyampaikan pertumbuhan ekonomi akan melejit di wilayah Sudiang Makassar jika stadion dibangun di wilayah GOR Sudiang.

“Stadion itu menjadi fasilitas hidup masyarakat hidup masyarakat sekitarnya sehingga menjadi ekosistem baru," kata dia.

Ia melanjutkan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi itu juga harus diintegrasikan dengan penyediaan akses jalan dan faktor pendukung lainnya. Hal itu juga didasari dengan peresmian Makassar New Port (MNP) yang tentu akan memberikan dampak dan pengaruh terkait dengan wilayah Makassar dan sekitarnya agar lebih berkembang lagi.

“Bagaimana memfungsikan kawasan ini sehingga Sulawesi Selatan menjadi pusat pertumbuhan kawasan Timur di Indonesia dan Makassar harus kita integrasikan, konektivitasnya bukan hanya sekadar jalan, termasuk ekosistem ekonomi di seluruh Sulawesi Selatan,” urainya.

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Keuangan dan Perbankan Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) Sutardjo Tui mengatakan, harapan Pemprov Sulsel terkait pertumbuhan ekonomi tersebut harus diperhatikan dengan seksama.

Kata dia, jika stadion tersebut sudah berdiri, tentu harus selalu diramaikan dengan event untuk menjadi gerbang perputaran uang di daerah sekitar stadion.

“Harus selalu ada event biar orang luar bisa datang menghamburkan uang dan cash flow bisa melimpah di wilayah itu, makanya pengelolaannya harus dimaksimalkan” ujarnya.

Kemudahan investasi juga harus diperhatikan baik-baik oleh pemerintah agar para investor tidak ragu menanam saham di wilayah sekitar stadion nantinya.

“Kan PAD juga bisa naik melalui pajak,” pungkasnya. (Abu/B)

  • Bagikan