Hamka B Kady Jawara di Dapil Sulsel 1

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady saat melakukan kunjungan ke Kelurahan Kalukuang Kec. Tallo, Minggu (17/9/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL — Delapan caleg DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel I dipastikan lolos ke parlemen Senayan. Sementara dua petahana tumbang.

Dapil Sulsel I meliputi Makassar, Bantaeng, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar dan Takalar.

Di Dapil ini yang maju sebagai petahana yakni Hamka B Kady (Golkar), Aliyah Mustika Ilham (Demokrat), Ridwan Andi Wittiri (PDIP), Ashabul Kahfi (PAN), Amir Uskara (PPP), Azikin Solthan (Gerindra), dan Haruna (PKB).

Dua petahana yang tumbang diantaranya Aliyah Mustika Ilham dari Demokrat. Di Dapil ini, Partai berlogo mercy itu kehilangan kursi.

Kemudian ada Haruna dari PKB yang dikalahkan oleh pendatang baru, Syamsu Rizal alias Deng Ical.

Sementara itu, tiga caleg pendatang baru berhasil melenggang ke DPR RI diantaranya Fatmawati Rusdi dari NasDem, Meity Rahmatia dari PKS, dan Syamsu Rizal dari PKB.

Hal itu berdasarkan data perolehan suara pemilu legislatif dihimpun berdasarkan formulir D1 di kabupaten/kota. Formulir D adalah formulir pemberitahuan tertulis kepada masyarakat.

Partai NasDem meraih jawara dengan meraih total 279.811 suara. Naik signifikan dibandingkan pileg 2019 yang hanya 200.692.

NasDem berhasil menyingkirkan Gerindra sebagai jawara pada pileg 2019 lalu di dapil I ini yang sebelumnya meraih 240.517. Kali ini, Gerindra hanya meraih 196.743 suara.

Sementara rengking teratas Caleg DPR RI yang meraih suara terbesar dipegang oleh Hamka B Kady dari Golkar dengan raihan 119.552 suara.

  • Bagikan