UNM-FAJAR Kolaborasi Respons Percepatan Informasi

  • Bagikan
Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar (UNM) menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan harian FAJAR terkait percepatan informasi, Rabu, 20 Maret 2024

MAKASSAR, RAKYATSULSEL –Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar (UNM) menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan harian FAJAR terkait percepatan informasi.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan oleh kedua belah pihak di ruang rapat senat Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM, Rabu, 20 Maret. Hadir dalam penandatanganan tersebut Faisal Palapa selaku Direktur PT Media Fajar Indonesia (penerbit harian FAJAR).

Kegiatan diawali laporan ketua Program Studi Sosiologi, Dr. Idham Irwansyah, M.Pd. Dalam sambutannya dia sangat berterima kasih atas kesediaan FAJAR mengikat kerja sama. Ini adalah langkah awal untuk memediasi berbagai kegiatan kolaboratif. “Insyaallah kita realisasikan program kerja sama ini. Paling lambat semester depan,” terang Idham.

Dia membeberkan bahwa beberapa kegiatan kolaborasi ke depan. Misalnya, Program Magang Merdeka, Kuliah Tamu, dan Praktisi Mengajar.

Prof. Dr. Jumadi, S.Pd., M.Si., selaku Dekan hadir memberikan sambutan sekaligus menyampaikan komitmen dan apresiasinya atas kerja sama ini. “Kerja sama ini sangat dibutuhkan untuk mewadahi mahasiswa dalam pengembangan keterampilan menulis,” ujarnya.

Dalam konteks kemajuan teknologi komunikasi, tambah dia, kecakapan jurnalistik amat urgen dimiliki masyarakat. Khususnya mahasiswa dalam memilah dan memilih informasi di tengah gempuran informasi.

“Fakultas kami siap mewadahi dan men-support kegiatan dalam memantapkan kolaborasi. Apalagi kalau kegiatannya sudah memiliki dasar kerja sama seperti ini. Kami punya sumber daya tenaga pendidikan dan mahasiswa yang bisa diberdayakan dalam kolaborasi,” tuturnya.

Faisal Palapa sangat berterima kasih dengan sambutan hangat keluarga besar Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM.

“FAJAR saat ini berupaya bertransformasi dalam rangka merespons tuntutan perubahan. Kita mesti cepat melaukan inovasi dan kerja kreatif agar bisa menjawab kebutuhan masyarakat,” ucap Faisal.

Menurut dia, FAJAR aktif melakukan kegiatan riset terhadap lembaga pemerintah. Ini sangat relevan jika dilakukan kerja sama dengan dunia kampus.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh jajaran pimpinan fakultas dan pimpinan Program Studi. Hadir Wakil Dekan IV (Prof. Dr. Hj. Kasmawati, M.Hum.), Wakil Dekan I (Prof. Dr. Muhammad Syukur, M.Si.) serta beberapa Ketua Program Studi dalam lingkup FIS-H UNM. (*)

  • Bagikan