Catat Penyaluran KUR Hingga Rp21 Triliun, OJK Sulselbar Optimis Capai 30 Triliun 

  • Bagikan
Konferensi Pers Media Briefing "Jurnalist Update Posisi Data Januari 2024"

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di dua bulan awal 2024 mencapai 21 Triliun.

Meski terbilang cukup tinggi, Kepala OJK Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar), Darwisman menargetkan KUR di semester awal 2024 ini mencapai 30 Triliun.

"Kredit, dana masyarakat tumbuh positif, peningkatan UMKM dan penyaluran KUR dua bulan lalu (Januari dan Februari) mencapai 2,1 Triliun yang tersalurkan. Semoga ini terus terakselerasi," Ujarnya disela-sela Media Briefing "Jurnalist Update Posisi Data Januari 2024" Selasa (26/3/2024)

"21 Triliun ini masih kurang dan akan di dorong kembali. Harapannya bisa mencapai 30 Triliun," tambah Darwisman.

Menurut Darwisman, peningkatan jumlah penyaluran KUR ini juga dipengaruhi kondisi Elnino yang telah membaik., "2,1 Triliun juga dipengaruhi dengan berkurangnya dampak elnino dimana curah hujan normal, iklim mendukung, petani pada periode  Desember Januari menjadi masa-masa tanam dan berproduksi. Sehingga diharapkan ada panen raya di periode Idul Fitri," jelasnya

Lebih jauh, untuk mencapai target KUR 30 Triliun, Darwisman mengungkapkan pihaknya telah melakukan rapat dengan Tim TPAKD dan seluruh jajaran pemerintahan daerah.

"Kami telah sampaikan jika ingin mencapai KUR harus support datanya ke perbankan. Dan itu kami minta, per Kabupaten ada 5000 calon nasabah per semester atau pertahun10.000 nasabah. Jadi jika di total 24 kabupaten ada 240.000 KUR," tandasnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan