Pj Sekda Paparkan Inovasi Longwis, Shelter Warga dan Program Jagai Anakta’ Dihadapan Menteri PPPA RI

  • Bagikan
Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang, saat melakukan kunjungan di Shelter Warga Pattingalloang, Barukang 3, Kecamatan Ujung Tanah, Rabu (26/3), kemarin.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Penjabat (Pj) Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra paparkan tiga inovasi Pemerintah Kota Makassar yang melibatkan peran perempuan. 

Ketiga inovasi tersebut yakni, Program Jagai Anakta, Lorong Wisata (Longwis) dan Shelter Warga. 

Inovasi tersebut dipaparkan dihadapan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang, saat melakukan kunjungan di Shelter Warga Pattingalloang, Barukang 3, Kecamatan Ujung Tanah, Rabu (26/3), kemarin. 

Firman, sapaan akrabnya mengatakan peran perempuan dalam program Jagai Anakta' dan Longwis telah memberikan banyak kontribusi. 

Ia mengatakan Pemerintah Kota Makassar sudah menetapkan komitmen terhadap kebijakan pembangunan yang berbasis hak anak melalui visi Kota Makassar yang inklusif. 

Yakni, percepatan mewujudkan Makassar kota dunia yang sombere dan smart city dengan imunitas yang kuat untuk semua.

Pasalnya, Pemkot Makassar sadar bahwa urusan anak adalah urusan masa depan yang harus melibatkan semua pihak dan berkelanjutan, komitmen itu semakin dipertegas dengan program Jagai Anakta yang diinisiasi langsung oleh Wali Kota Danny Pomanto.

Firman pun menjelaskan, program jagai anakta merupakan sebuah upaya mitigasi sosial yang mendorong semua pihak memberi ruang tumbuh kembang anak dengan perlindungan yang maksimal dalam mendorong penciptaan ruang kreativitas dan partisipasi anak dalam pembangunan.

Begitu pun, pada aspek layanan perlindungan anak dan perempuan, di mana tidak hanya di level kota yaitu UPTD PPPA, namun diperluas hingga tingkat RT/RW dengan adanya shelter warga sebagai sistem layanan yang mudah dan terjangkau di tingkat kelurahan seperti di shelter warga Pattingaloang ini.

  • Bagikan