Wali Kota Makassar “Geram” Iuran Sampah Mall Panakkukang Hanya Rp1jt/Bulan

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengungkapkan Mall Panakkukang dan GMTD melakukan pembayaran iuran sampah yang tak wajar. 

Danny Pomanto, sapaan akrabnya menyebut iuran sampah Mall Panakkukang sebesar Rp1 juta per bulan. "Mal Panakukkang itu hanya membayar sampah Rp1 juta per bulan. Tidak masuk akal kan," ucap Danny. 

Hal itu membuat Danny geram dan dengan tegas menginstruksikan kepada pihak TPA Tamangapa untuk tidak memberikan akses lagi kepada Mall Panakkukang untuk melakukan pembuangan sampah di TPA. 

"Ini ditemukan semua. Tidak ada swasta mengelola sampah. Harus Pemerintah Kota. Saya sudah bilang di TPA, tutup kan. Tidak ada orang bisa masuk buang sampah di TPA," terang Danny. 

Ia melanjutkan, Pemkot Makassar akan memberikan teguran kepada pihak Mall Panakkukang. "Baru mau kita tegur," ucap Danny. 

Temuan tersebut diketahui berdasarkan hasil pendataan ulang wajib retribusi sampah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar melalui Camat dan Lurah. Di mana, camat dan lurah diminta untuk mendata wilayah-wilayah yang memiliki potensi retribusi. 

"Selama ini prakteknya seperti itu. Satu contoh saja. GMTD juga begitu kemarin. Jadi kita akan tata total ini barang," terang Danny. 

  • Bagikan