9 Fakta Misterius Albert Einstein yang Jarang Diketahui

  • Bagikan
Albert Einstein Ilmuwan Fisika

RAKYATSULSEL - Ide-ide ilmiah seorang Albert Einstein yang inovatif membuat namanya identik dengan kejeniusan.

Selain itu, ia juga terkenal karena pandangan pasifis dan dukungannya terhadap gerakan hak-hak sipil.

Jelajahi sembilan fakta mengejutkan tentang salah satu pemikir terkemuka di abad ke-20, Albert Einstein yang dikutip dari history.com, Senin (25/3) di bawah ini.

  1. Einstein tidak pernah gagal dalam matematika saat masih kecil

Anak-anak sekolah yang berprestasi rendah telah lama terhibur dengan pernyataan bahwa Einstein gagal dalam matematika ketika masih muda.

Namun, catatan menunjukkan bahwa ia sebenarnya adalah siswa yang luar biasa, bahkan sangat luar biasa.

Dia mendapat nilai tinggi selama masa sekolahnya di Munich, dan hanya merasa frustrasi dengan apa yang dia gambarkan sebagai “disiplin mekanis” yang dituntut oleh gurunya.

Peraih Nobel di masa depan itu putus sekolah pada usia 15 tahun dan meninggalkan Jerman untuk menghindari wajib militer yang diwajibkan oleh negara.

Namun, sebelum itu ia selalu menjadi yang terbaik di kelasnya dan bahkan dianggap sebagai anak ajaib karena pemahamannya terhadap matematika dan sains yang kompleks.

Ketika kemudian muncul sebuah artikel berita yang menyatakan bahwa dia gagal dalam matematika di sekolah dasar, Einstein menolak cerita kebenaran cerita tersebut dan berkata, “Sebelum saya berusia 15 tahun saya telah menguasai kalkulus diferensial dan integral.”

  1. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada putri pertamanya

Pada tahun 1896, Einstein melepaskan kewarganegaraan Jermannya dan mendaftar di Sekolah Politeknik Federal Swiss di Zurich.

Di sana, ia memulai hubungan cinta yang penuh gairah dengan Mileva Maric, sesama fisikawan dalam pelatihan yang berasal dari Serbia.

Pasangan itu kemudian menikah dan memiliki dua putra setelah lulus. Nmun, setahun sebelum mereka menikah, Maric melahirkan seorang putri tidak sah bernama Lieserl.

Einstein tidak pernah menceritakan tentang anak itu kepada keluarganya, dan para penulis biografinya bahkan tidak menyadari keberadaannya sampai ia memeriksa dokumen pribadinya pada akhir tahun 1980-an.

Nasibnya masih menjadi misteri hingga saat ini. Beberapa ahli berpendapat Lieserl meninggal karena demam berdarah pada tahun 1903.

Sementara itu, yang lain percaya bahwa dia selamat dari penyakit tersebut dan diserahkan untuk diadopsi di negara asal Maric, Serbia.

  1. Einstein membutuhkan sembilan tahun untuk mendapatkan pekerjaan di dunia akademis

Einstein menunjukkan kilatan kecemerlangan selama bertahun-tahun di Politeknik Zurich. Namun kepribadiannya yang memberontak dan kecenderungannya untuk membolos, membuat para profesornya memberinya rekomendasi yang kurang bagus setelah lulus pada tahun 1900.

Fisikawan muda ini kemudian menghabiskan dua tahun waktunya untuk mencari posisi akademis sebelumnya. Ia kemudian bekerja di kantor paten Swiss di Bern.

Meski remeh, pekerjaan itu ternyata sangat cocok bagi Einstein. Sebab, ia menyadari bahwa dirinya dapat menyelesaikan tugas kantornya dengan mudah dalam beberapa jam dan menghabiskan sisa hari itu dengan menulis dan melakukan penelitian.

Pada tahun 1905—yang sering disebut sebagai “tahun keajaiban”—petugas rendahan ini menerbitkan empat artikel revolusioner yang memperkenalkan persamaan terkenalnya E=mc2 dan teori relativitas khusus.

Meskipun penemuan tersebut menandai masuknya Einstein ke kancah dunia fisika, ia baru meraih gelar profesor penuh pada tahun 1909—hampir satu dekade setelah ia meninggalkan bangku sekolah.

  1. Dia menawarkan hadiah mobel kepada istrinya sebagai bagian dari penyelesaian perceraian mereka

Setelah pernikahannya dengan Mileva Maric mengalami kegagalan pada awal tahun 1910-an, Einstein meninggalkan keluarganya, dan pindah ke Berlin untuk memulai hubungan baru dengan sepupunya, Elsa.

Dia dan Maric akhirnya bercerai beberapa tahun kemudian pada tahun 1919. Sebagai bagian dari perjanjian pemisahan mereka, Einstein menjanjikan gaji tahunan ditambah uang apa pun yang mungkin dia terima dari Hadiah Nobel.

Maric setuju, dan Einstein kemudian menyerahkan sejumlah kecil uang setelah menerima penghargaan pada tahun 1922 atas karyanya tentang efek fotolistrik.

Saat itu, dia sudah menikah lagi dengan Elsa, yang tetap menjadi istrinya sampai kematiannya pada tahun 1936.

  1. Gerhana matahari membantu Einstein menjadi terkenal di dunia

Pada tahun 1915, Einstein menerbitkan teori relativitas umum, yang menyatakan bahwa medan gravitasi menyebabkan distorsi pada struktur ruang dan waktu.

Karena teori ini merupakan penulisan ulang hukum fisika yang sangat berani, teori ini tetap kontroversial hingga bulan Mei 1919.

Untuk menguji klaim Einstein tersebut, saat gerhana matahari muncul, seorang astronom Inggris Arthur Eddington melakukan perjalanan ke pantai Afrika Barat dan memotret gerhana tersebut.

Setelah menganalisis gambar-gambar tersebut, ia memastikan bahwa gravitasi matahari telah membelokkan cahaya sekitar 1,7 detik busur—persis seperti yang diperkirakan oleh relativitas umum.

Berita itu membuat Einstein menjadi selebriti dalam semalam. Surat kabar memuji dia sebagai pewaris Sir Isaac Newton, dan dia melanjutkan perjalanan keliling dunia untuk memberi kuliah tentang teorinya tentang kosmos.

Menurut penulis biografi Einstein, Walter Isaacson, dalam enam tahun setelah gerhana tahun 1919, lebih dari 600 buku dan artikel telah ditulis tentang teori relativitas.

  1. FBI memata-matainya selama beberapa dekade

Sesaat sebelum Hitler berkuasa pada tahun 1933, Einstein meninggalkan Berlin menuju Amerika Serikat dan mengambil posisi di Institute for Advanced Study di Princeton, New Jersey.

Dukungannya terhadap gerakan pasifis, hak-hak sipil dan sayap kiri telah menimbulkan kecurigaan dari FBI J. Edgar Hoover.

Setelah kedatangannya di Amerika, Biro tersebut meluncurkan apa yang pada akhirnya menjadi kampanye pengawasan selama 22 tahun.

Para agen mendengarkan panggilan telepon fisikawan tersebut, membuka surat-suratnya, dan mencari-cari sampahnya dengan harapan dapat membuka kedoknya sebagai mata-mata subversif atau Soviet.

Mereka bahkan menyelidiki petunjuk bahwa dia sedang membuat sinar kematian. Proyek ini muncul dengan tangan kosong. Saat Einstein meninggal pada tahun 1955, berkas FBI-nya bahkan mencapai 1.800 halaman.

  1. Einstein mendorong pembuatan bom atom—dan kemudian menjadi pendukung perlucutan senjata nuklir

Pada akhir tahun 1930-an, Einstein mengetahui bahwa penelitian baru telah menempatkan ilmuwan Jerman itu pada jalur menuju pembuatan bom atom.

Prospek senjata kiamat di tangan Nazi meyakinkannya untuk mengesampingkan prinsip pasifisnya dan bekerja sama dengan fisikawan Hongaria Leo Szilard, yang membantunya menulis surat yamg mendesak Presiden Franklin D. Roosevelt untuk melakukan penelitian atom.

Meskipun Einstein tidak pernah berpartisipasi secara langsung dalam Proyek Manhattan, ia kemudian menyatakan penyesalan mendalam atas peran kecilnya dalam menyebabkan pemboman Hiroshima dan Nagasaki.

“Seandainya saya tahu bahwa Jerman tidak akan berhasil memproduksi bom atom, saya tidak akan pernah angkat tangan,” katanya kepada Newsweek.

Ia kemudian menjadi pendukung kuat perlucutan senjata nuklir, pengendalian pengujian senjata, dan pemerintahan dunia yang bersatu.

Sesaat sebelum kematiannya pada tahun 1955, ia bergabung dengan filsuf Bertrand Russell dalam menandatangani “Manifesto Russell-Einstein,” sebuah surat publik yang menekankan risiko perang nuklir dan memohon kepada pemerintah untuk “menemukan cara damai untuk menyelesaikan semua perselisihan di antara mereka. ”

  1. Dia diminta menjadi Presiden Israel

Meskipun secara tradisional tidak beragama, Einstein merasakan hubungan yang mendalam dengan warisan Yahudi dan sering menentang anti-Semitisme.

Dia tidak pernah menjadi seorang Zionis yang setia, tetapi ketika kepala negara Chaim Weizmann meninggal pada tahun 1952, pemerintah Israel menawarkan untuk mengangkatnya sebagai presiden kedua negara tersebut.

Pria berusia 73 tahun itu tidak membuang waktu untuk menolak penghargaan tersebut. “Sepanjang hidup saya, saya berurusan dengan hal-hal yang obyektif,” tulis Einstein dalam suratnya kepada duta besar Israel.

“karena itu saya tidak memiliki bakat alami dan pengalaman untuk menangani orang dengan baik dan menjalankan fungsi resmi.”

  1. Otak Einstein dicuri setelah kematiannya

Einstein meninggal pada bulan April 1955 karena aneurisma aorta perut. Dia telah meminta agar tubuhnya dikremasi, tetapi dalam sebuah kejadian aneh, ahli patologi Princeton Thomas Harvey mengeluarkan otaknya yang terkenal selama otopsi dan menyimpannya dengan harapan dapat mengungkap rahasia kejeniusannya.

Setelah mendapat persetujuan dari putra Einstein, Harvey pun memotong otak Einstein menjadi beberapa bagian dan dikirim ke berbagai ilmuwan untuk penelitian.

Sejumlah penelitian telah dilakukan mengenai hal ini sejak tahun 1980an. Namun, sebagian besar telah ditolak atau didiskreditkan.

Mungkin yang paling terkenal terjadi pada tahun 1999, ketika sebuah tim dari sebuah universitas di Kanada menerbitkan sebuah makalah kontroversial yang menyatakan bahwa Einstein memiliki lipatan yang tidak biasa pada lobus parietalnya, bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan matematika dan spasial. (jp/raksul)

  • Bagikan